Selasa, 25 Juni 2013

Keuntungan mulai tumbuh buat pengembang game HTML5


Walaupun pembahasan untuk format yang tepat masih berlangsung, namun perubahan perilaku konsumen membuat semakin banyak pengembang mulai berinvestasi dalam platform berbasis HTML5. Ini bukan lagi sebuah kesempatan, tetapi sudah menjadi kenyataan yang tidak bisa dihindari.

Dengan HTML5, pengembang game tidak hanya membuat satu game yang bekerja di berbagai jenis perangkat, tetapi lebih dan lebih dari itu mereka telah dihadapkan pada pendapatan yang lebih besar dari pengiklan. Ada ledakan baru pada permainan game kasual di kalangan konsumen baik untuk perangkat mobile dan PC. Dan pengiklan telah mengenali tren ini untuk mulai mengubah mata mereka terhadap HTML5.

Industri iklan masih belajar

Tidak semua pengiklan cukup siap dengan HTML5, tapi industri terus bekerja ke arah itu, dan mereka akan segera sampai di sana - terutama dengan pedoman IAB untuk pengiklan di seluruh dunia. Dalam press release yang dirilis 6 Mei 2013 mengatakan, "Sementara unit iklan HTML5 dimaksudkan agar bisa berjalan mulus di semua platform, namun perkembangannya membutuhkan seperangkat keterampilan yang berbeda dan juga bimbingan khusus."

Jelas IAB sudah mengakui tren ini dan telah bekerja demi membantu pengiklan membuat transisi dengan penerbit. Bila pengiklan mencari game atau penerbit game untuk bermitra dengan mereka, kata-kata "mobile", "cross-platform," "online", dan "touch" sudah berada di radar mereka. Nyaris tanpa Request for Proposals (RFPs) ke penerbit dari pengiklan tidak menyertakan salah satu dari kata-kata yang lagi "hot" tersebut.

Mark Trefgarne, CEO dari perusahaan iklan video online LiveRail, mengatakan bahwa sementara banyak bisnis iklan video masih sangat bergantung pada Flash, namun sebuah fakta sederhana sudah mengindikasikan bahwa seluruh dunia telah beralih (moved on). Sebagai pemain industri, kami sudah berusaha mengejar ketertinggalan, membangun kembali ekosistem penayangan iklan untuk berjalan dalam dunia paska-flash. Untungnya, perubahan ini bergerak cepat, dan infrastruktur untuk iklan video berbasis HTML5 sekarang sudah dekat dalam paritas penuh. Memang masih ada pekerjaan yang harus dilakukan, tapi itu sudah semakin dekat.

Munculnya smartphone murah

Ditambah dengan tren tersebut, kita juga tahu bahwa banyak konsumen di seluruh dunia membeli perangkat sentuh murah untuk digunakan di samping PC mereka. Menurut perusahaan riset DisplaySearch, pengiriman tablet diperkirakan meningkat 67 persen menjadi 256,5 juta pada tahun 2013, dan mencapai 579,4 juta pada tahun 2017.

Dan ini juga berlaku buat jutaan konsumen yang membeli perangkat sentuh murah untuk bermain game! Baik itu seorang ibu di Argentina, seorang pemuda di India atau remaja di Amerika Tengah, mereka semua akan bermain game kasual di tablet murah yang mereka miliki.

Waspada dengan dua persen

Tingkatan game dan pembelian dalam game saat ini tidak akan mungkin berubah dalam evolusi ke perangkat jenis baru. Sekitar 98 persen dari populasi pengguna game hanya akan bermain game secara gratis, dan itu menunjukkan nilai pengiklan yang terus tumbuh dalam ekosistem kita. Dengan pendapatan iklan yang menjadi semakin lazim untuk pengembang game, dan dengan semakin banyak orang di seluruh dunia menggunakan perangkat sentuh selain PC mereka, badai yang sempurna ini adalah kemenangan bagi industri game HTML5.

Para pengiklan akan segera berbaris maju menuju iklan video berformat HTML5 dan akan mengharapkan iklan tersebut hanya bekerja dengan game yang dimainkan oleh audiens mereka. Dan ini adalah jalan bagi pengembang game untuk mendapatkan keuntungan dalam skala besar dengan menggunakan HTML5. Aplikasi native seperti pada iOS atau Android memang masih penting, dan akan tetap demikian. Namun, lompatan besar bagi para pengembang game akan didapatkan melalui solusi berbasis browser yang bisa bekerja secara mulus di berbagi perangkat yang berbeda.

Penulis asli artikel ini adalah Peter Driessen, pendiri dari Spil Games, salah satu platform game casual terbesar dengan 180 juta pengguna unik setiap bulan, untuk Venturebeat. Semangat kewirausahaan nya menyebabkan tumbuhnya gairah untuk mengembangkan game online dan game mobile favorit di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar