Selasa, 04 Juni 2013

Berkat TIZEN, prospek dunia game HTML5 mulai cerah


2013 tampaknya akan menjadi awal yang baik dan menjanjikan untuk game HTML5. Meskipun banyak berita buruk dari media tahun lalu, masalah performa, dan situasi di mana perusahaan-perusahaan besar menyerah pada perkembangannya, kita dapat melihat bahwa 2013 mungkin menjadi tahun yang penting dan positif untuk game berbasis web.

Kita sering mendengar bahwa "HTML5 belum siap. Ini tidak bekerja. Ini tidak akan bekerja. Ini akan gagal." Menurut Henry Hoffman yang merupakan Direktur Kreatif dari Mudvark, "Pendapat bahwa HTML5 memiliki kinerja yang buruk adalah kebohongan semuanya yang terus diucapkan oleh orang-orang yang benar-benar tidak suka HTML5." Apakah itu hanya kata-kata dari orang-orang yang tidak percaya atau fakta yang sebenarnya? Mari kita coba untuk mencari tahu dengan melihat berbagai peristiwa dan fakta terbaru.



Alexander Krug, CEO dari Softgames, menegaskan bahwa 2012 adalah tahun yang sulit, tetapi situasi kini semakin membaik. Bagian paling penting dari pidatonya menunjukkan kepada kita bahwa HTML5 adalah platform yang berbeda dan sangat inovatif untuk gaming. Pengembang memiliki berbagai cara untuk mendistribusikan, mempromosikan dan menguangkan game buatan mereka. Update lebih mudah, dan Anda dapat bermain game web praktis pada setiap browser yang mendukung perangkat tanpa harus diunduh.

Apa yang paling penting adalah bahwa pasar game saat ini benar-benar menunjukkan kebutuhan untuk game berbasis web. Anda mungkin akan melihat semakin banyak penerbit dan investasi dalam proyek-proyek berbasis web baru.

Game HTML5 memiliki pasar yang unik, dan kita tidak bisa membandingkannya dengan pasar game native, karena HTML5 memiliki area dan teknologi yang berbeda. Meskipun ada prediksi buruk, namun banyak yang sudah membuktikan bahwa Anda bisa mendapatkan pendapatan dari beberapa model bisnis. Dengan pendekatan yang tepat dan pengetahuan tentang pasar, pengembang perlu berfokus pada jenis game tertentu, dan game-game harus cocok dengan model bisnis tertentu.

Dan banyak juga yang sudah mengklaim bahwa game mobile suatu saat akan bisa menyalip game konsol. Menurut IDC, gamer di tahun 2013 menghabiskan uang mereka lebih banyak pada game mobile (smartphone, tablet) dibandingkan dengan game konsol. Hal ini sangat menarik karena perangkat mobile tidak dibangun sebagai konsol game yang sebenarnya, dan mereka masih bisa menjadi perangkat game yang sangat populer. Fenomena ini berasal dari akses yang mudah ke game, dan hal ini menjadi lebih mudah dengan HTML5, karena pemain tidak selalu akan diarahkan ke toko aplikasi. Mereka cukup hanya akan mengklik link dan mulai bermain. Itu adalah cara yang bagus untuk penerbit game HTML5 untuk mempromosikan jaringan game mobile mereka dan bagi para pengembang untuk menghasilkan game web mobile yang lebih banyak ke pasar.


Munculnya berbagai game engine berbasis HTML5

Banyak pengembang menggunakan berbagai game engine seperti Construct2, ImpactJS, Crafty, Game Closure, dll. Anda dapat menemukan daftarnya disini. Dan dua peristiwa terakhir membuktikan kekuatan sebenarnya dari HTML5 dan kemampuannya.

Turbulenz membuat game engine mereka menjadi open source yang merupakan kesempatan yang fantastis bagi banyak pengembang. Potensi dari game engine 2D/3D ini benar-benar mengagumkan. Misalnya saja game Save the day berbasis Turbulenz engine. Game ini tidak hanya terlihat dan bekerja dengan hebat, tapi gameplay juga sangat menghibur.



Contoh menakjubkan lain dari kekuatan HTML5 adalah demo Citadel yang didasarkan pada Unreal engine. Ini benar-benar menakjubkan, dan sekaligus membuktikan bahwa HTML5 bisa menjadi pengganti yang bagus untuk Flash.




Hadirnya TIZEN untuk multi-platform

Dan yang tidak bisa dilupakan adalah kehadiran TIZEN, "Sebuah platform software open source berbasis standar yang didukung oleh operator seluler terkemuka, produsen perangkat, dan pemasok silikon untuk beberapa kategori perangkat seperti smartphone, tablet, netbook, perangkat infotainment di dalam kendaraan (IVI), dan Smart TV." Bukankah itu suatu harapan yang jelas buat pengembang? Ini mungkin juga merupakan sebuah solusi untuk banyak masalah. TIZEN kompatibel dengan berbagai platform mobile. Semua aplikasi yang dibuat untuk TIZEN akan bisa berjalan di sistem lain dengan sedikit perubahan (berbeda dengan aplikasi Android dan iOS yang hanya berjalan di bawah sistem operasi tersebut).

Banyak keuntungan yang akan segera muncul, dan ketika smartphone baru mulai menambahkan core prosesor yang lebih, maka aplikasi dan game mobile berbasis web pasti akan memiliki kinerja yang lebih baik. Game tidak hanya terlihat lebih baik, tetapi juga bekerja lebih baik.

Pasar HTML5 saat ini mungkin tidak sebesar pasar native, tapi ketika raksasa teknologi seperti Apple, Samsung, Intel, Microsoft maupun Google menjadikan konvergensi platform sebagai masa depan mereka, maka peluang HTML5 akan jauh lebih cerah daripada native. Dan Anda tentunya lebih berharap pada masa depan daripada terus berusaha mempertahankan masa lalu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar