Selasa, 21 Mei 2013

Qt for Tizen 1.0 Alpha 1 telah dirilis


Sepuluh hari setelah peluncuran proyek Qt for Tizen, tim Qt Project hari ini mengumumkan perilisan Qt for Tizen 1.0 Alpha 1 yang telah dioptimalkan untuk TIZEN versi mobile.

Qt for Tizen 1.0 Alpha 1 adalah kerangka pengembangan user interface (UI) dan aplikasi cross-platform. Qt for Tizen adalah nama umum untuk dua produk:

Qt framework for Tizen, saat ini didasarkan pada Qt 5.1 beta, yang bisa bekerja dengan Tizen Emulator. Berkat sifat Qt yang cross-platform Qt, sebagian besar pekerjaan berhubungan dengan mengkonfigurasi dan membangun binari. Qt Creator SDK sudah bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi baru dan porting dari yang sudah ada.

Qt Tizen Integration, sekarang memperkenalkan set dasar kontrol native dengan standar tampilan dan nuansa dari profil TIZEN mobile. Semua kontrol ini didasarkan pada API lintas platform dari Qt Quick Controls yang diperkenalkan di Qt 5.1.




RINCIAN PERUBAHAN
  • Qt framework for Tizen: Penambahan tool pengembangan untuk emulator TIZEN (dengan Tizen emulator device Qt mkspecs). Tool pengembangan ini telah siap dengan workstation Linux dalam pemikiran dan telah diuji dengan TIZEN 2.1 beta. Sementara QWidget API sepenuhnya telah didukung, Qt Quick graphical stack lebih dianjurkan karena dioptimalkan untuk interface sentuh pada smartphone dan memberikan tampilan dan rasa Tizen seperti aslinya.
  • Qt Tizen Integration: Basic Qt Quick Control dengan Tizen Style: Button, Progress, Slider, CheckBox, TabBar. Saat ini yang sudah bisa ditangani adalah tema putih dan resolusi 720x1280, namun Qt Quick Control untuk TIZEN secara teknis sudah siap untuk beberapa tema dan resolusi.

Contoh aplikasi Touch dari Qt yang bekerja dengan kontrol Tizen bisa dilihat melalui video berikut:



DOWNLOADS

Berbagai masalah yang sudah diketahui dari Qt for Tizen 1.0 Alpha 1 bisa dilihat di halaman wiki berikut.

Pada tahap selanjutnya tim pengembangan Qt for Tizen berencana melakukan integrasi yang lebih dalam untuk spesifik dan layanan antara Qt dan TIZEN, termasuk dukungan untuk smartphone yang nyata, sensor smartphone yang nyata maupun pada emulator, kontak, WebKit dan banyak lagi. Penembangan di Mac OS X dan Windows akan didukung juga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar