Sabtu, 25 Mei 2013

Prinsip desain UX dari TIZEN: fokus pada kemudahan dan kenyamanan pengguna


Prinsip-prinsip desain kunci UX (User Experience) membentuk TIZEN dan membantu membedakannya dari platform operasi mobile lainnya. Prinsip-prinsip ini memastikan setiap aplikasi yang digunakan oleh pengguna untuk menyesuaikan ponsel mereka akan sesuai prinsip content-driven, fokus dan mudah disesuaikan.


Content-driven

Aplikasi yang dirancang untuk TIZEN harus memastikan kalau konten menjadi unsur yang paling penting pada waktu yang tepat dan dalam konteks yang tepat, dimana informasi utama harus mudah terlihat dan diakses, sehingga akan meningkatkan baik kegunaan dan desain dari aplikasi.

Menampilkan konten utama

Menampilkan konten utama berarti informasi penting harus lebih ditonjolkan melalui penerapan ukuran font dan warna yang berbeda atau dengan mengubah tata letak.


Informasi disesuaikan dengan kepentingan

TIZEN UX menawarkan informasi berdasarkan derajat kepentingannya. Misalnya, menyampaikan pesan sederhana, seperti "Deleted" atau "Shared", pada status bar untuk menghindari mengganggu pengguna dalam bagian utama dari aplikasi.


Menempatkan penekanan pada hal-hal yang menyenangkan!

Pengguna harus menemukan bahwa mengakses konten adalah suatu proses yang menyenangkan. Dengan merancang aplikasi dengan layout visual yang menarik, grafis yang interaktif, diharapkan akan dapat meningkatkan pengalaman pengguna.


Informasi penting akan ditampilkan pertama

Pada tampilan Detail, pengguna akan melihat informasi penting pada layar pertama, kemudian dapat digulir ke bawah untuk melihat informasi tambahan.



Fokus

Karena pengguna sering mengakses aplikasi, maka desain aplikasi akan memastikan aplikasi akan tersedia setiap saat. Fungsi dengan tingkat kepentingan dalam berbagai lingkungan aplikasi bisa dibedakan, tetapi cara yang paling efektif untuk menggunakan setiap fungsi akan selalu menjadi pertimbangan utama.

Memfasilitasi akses ke fungsi utama

Tampilan pengguna mengakses sebagian fungsi pada layar pertama. Tombol More (≡) untuk setiap fungsi pengguna mungkin perlu lebih jarang, bahkan jika ada cukup ruang di footer.


Hanya menampilkan informasi penting sebagai default

Membedakan antara informasi penting yang selalu ditampilkan dan setiap informasi tambahan yang hanya ditampilkan ketika ada permintaan pengguna.


Meminimalkan upaya pengguna

Dengan mempromosikan akses pengguna ke fungsi utama dalam aplikasi, akan meminimalkan upaya yang diperlukan. Sebagai contoh, ketika pengguna ingin membuat item baru, maka aplikasi secara otomatis akan memindahkan fokus ke field input yang dibutuhkan dan menawarkan keypad virtual.


Membuat jelas apa yang dapat dilakukan

Menonaktifkan atau menyembunyikan fungsi yang tidak tersedia dalam keadaan tertentu. Misalnya, dengan menonaktifkan tombol Save untuk membiarkan pengguna mengetahui bahwa bidang yang diperlukan sedang kosong dan menunjukkan bahwa suatu peristiwa tidak dapat disimpan saat ini.



Mudah disesuaikan dengan menghadirkan Kustomisasi dan Personalisasi

Pengguna biasanya ingin menyesuaikan aplikasi mereka berdasarkan kebutuhan pribadi mereka. Itu sebabnya setiap aplikasi yang dikembangkan untuk TIZEN harus memberdayakan pengguna untuk mengoptimalkan sesuai dengan selera pribadi mereka.

Memahami pola pengguna individu

Dengan mengambil pola-pola perilaku dari setiap pengguna, aplikasi TIZEN dapat memberikan pengalaman yang lebih pribadi. Misalnya, dengan memastikan aplikasi yang paling sering digunakan atau baru menjadi mudah diakses, serta mendukung pengguna yang ingin mencari sebuah aplikasi atau konten secepat mungkin.


Menggunakan kustomisasi untuk meningkatkan kegunaan

Dukungan kustomisasi tidak hanya meningkatkan estetika aplikasi tetapi juga meningkatkan kegunaan. Dengan menyediakan aksesibilitas fungsi, seperti ukuran font dan screen reader, akan dapat membantu pengguna profesional bisa menavigasi aplikasi TIZEN dengan lebih nyaman.


Membuat rekomendasi

Berdasarkan penggunaan seseorang dari aplikasi, aplikasi TIZEN dapat memahami dan merekomendasikan konten yang mungkin ia inginkan. Misalnya, dengan memberikan rekomendasi, favorit, atau history, akan bisa membantu pengguna melakukan tugas yang lebih mudah dan efisien.



Via Tizen.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar