Rabu, 27 Maret 2013

WebGL 1.0.1 sekarang kompatibel dengan GPU mobile, WebGL 1.0.2 meluncur April


Khronos™ Group hari ini mengumumkan bahwa beberapa implementasi dari WebGL™ 1.0.1 sekarang sepenuhnya telah disesuaikan pada berbagai platform desktop dan mobile. Selain itu, spesifikasi WebGL 1.0.2 dan satu set ekstensi telah diajukan untuk ratifikasi dan diharapkan akan resmi dirilis pada bulan April 2013. Komunitas browser dan Graphics Processing Unit (GPU) telah bekerja tekun dalam WebGL working group untuk menyelesaikan masalah driver GPU dan memperketat spesifikasi dan definisi WebGL untuk menyediakan platform terpercaya dan dapat diandalkan yang menyediakan portabilitas untuk konten 3D dalam browser dan aplikasi HTML5 di seluruh platform yang beragam.

WebGL (Web Graphics Library) merupakan cross-platform API yang bebas dari royalti yang membawa OpenGL ES 2.0 ke platform web sebagai konteks gambar 3D dalam HTML, terungkap sebagai low-level Document Object Model interface. WebGL menggunakan bahasa shading OpenGL, GLSL ES, dan dapat dikombinasikan dengan konten web lainnya yang berlapis-lapis di atas atau di bawah konten 3D. WebGL sangat cocok untuk aplikasi web 3D yang dinamis atau game HTML5 berformat 3D dalam bahasa pemrograman JavaScript, dan akan sepenuhnya terintegrasi dalam browser web atau platform berbasis web terkemuka.

Sedangkan spesifikasi WebGL 1.0.2 dan tes kesesuaiannya secara signifikan akan diperketat untuk untuk meningkatkan portabilitas dan testabilitas. Selain itu, WebGL working group juga telah mengajukan sejumlah ekstensi opsional untuk ratifikasi yang juga diharapkan akan dirilis pada bulan April mendatang:
  • JavaScript-level debugging WebGL API call dan shader,
  • query untuk memastikan hilangnya context event akan ditangani dengan benar - seperti ketika perangkat mobile dimatikan ketika WebGL dieksekusi;
  • fungsi 3D tambahan dari ekosistem OpenGL ES 2.0, seperti anisotropic filtering, standard derivatives dan vertex array object.

"Kerja sama yang erat antara vendor browser dan silikon untuk memastikan GPU bisa diandalkan dan aman untuk Web adalah bukti berkelanjutan bahwa Khronos adalah forum yang sangat produktif untuk perkembangan standar Web yang penting," kata Neil Trevett, presiden dari Khronos Group dan juga wakil presiden untuk konten mobile di NVIDIA. "Khronos tetap berkomitmen, tidak hanya untuk meng-evolusi fungsi WebGL untuk memungkinkan pengembang web bisa menggunakan kemampuan GPU mobile yang tumbuh dengan pesat, tetapi juga untuk terus bekerja sebagai anggota yang baik dalam komunitas standar HTML5 yang lebih besar."

Informasi terbaru tentang spesifikasi WebGL bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar