Selasa, 12 Maret 2013

Toko aplikasi OASIS akan diintegrasikan dengan TIZEN?


Sebelumnya diberitakan bahwa tiga operator besar Asia masing-masing NTT DoCoMo dari Jepang, KT Telecom dari Korea dan China Mobile dari China telah sepakat untuk membentuk OASIS atau “One Asia Super Inter-Store”, sebuah toko aplikasi bersama untuk smartphone yang bertujuan untuk mempromosikan pertukaran aplikasi HTML5 diantara negara-negara di Asia. Melangkah lebih jauh, ketiga operator ini ditambah Samsung Electronics dan Huawei berniat mengintegrasikan OASIS dengan TIZEN untuk membentuk kekuatan besar sebuah ekosistem raksasa yang diharapkan mampu bersaing dengan Apple dan Google di pasar global.

Menurut informasi dari sumber industri yang kita terima hari ini, perusahaan-perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia Timur ini sekarang sedang bekerja dengan sungguh-sungguh dibelakang layar untuk mendukung kedua platform ini, baik OASIS maupun TIZEN.

Sesaat sebelum dimulainya Mobile World Congress (MWC) 2013 kemarin di Barcelona, Chairman KT Lee Suk-chae bertemu dengan Chairman China Mobile Xi Guohua dan Chairman Tizen Association Kiyohito Nagata yang juga Senior Vice President and Managing Director of Strategic Marketing Department di NTT DoCoMo. Selain membahas kerjasama untuk toko aplikasi bersama OASIS, mereka juga berdiskusi untuk kemungkinan mengintegrasikannya dengan TIZEN.

Jika kerjasama tiga perusahaan telekomunikasi ini terwujud, tentunya akan memberikan pengaruh yang sangat kuat buat adopsi TIZEN di pasar Asia. Sebagai operator terbesar di dunia, China Mobile memiliki sekitar 700 juta pelanggan, sementara NTT DoCoMo memiliki 54 juta pelanggan dan KT sekitar 18 juta pelanggan. Ini belum ditambah dengan operator lain yang tidak kalah besarnya seperti SK Telecom, Vodafone, Orange, Sprint Nextel maupun Telefonica.

KT dan NTT DoCoMo kini berpartisipasi aktif sebagai anggota Tizen Association, sementara China Mobile sedang mencari alternatif untuk Android setelah layanan Google diblokir oleh pemerintah China. Apalagi baru-baru ini kementrian Perindustrian dan Teknologi Informasi China menuduh Google telah melakukan diskriminasi kepada perusahaan-perusahaan asal China terkait penggunaan Android. Secara khusus, smartphone pembuat peralatan jaringan dan produsen smartphone terbesar di China, Huawei, telah menjadi anggota Tizen Association sehingga rencana ini bukan sesuatu yang sulit untuk diwujudkan.

Partisipasi aktif dari China Mobile untuk Tizen Association yang jelas untuk melapangkan jalan buat TIZEN untuk memasuki China sebagai pasar smartphone terbesar di dunia. Seorang pejabat senior dari KT mengatakan bahwa "China adalah pasar yang sangat penting," sambil menyarankan: "Dalam hal ini Samsung Electronics dan anggota Tizen Association lainnya seharusnya melakukan langkah-langkah yang lebih konkrit."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar