Jumat, 15 Maret 2013

Samsung umumkan ketersediaan Exynos 5 Octa untuk smartphone high-end pada Q2 2013


Samsung Electronics hari ini mengumumkan prosesor aplikasi baru Exynos 5 Octa yang dijadwalkan untuk produksi massal pada kuartal kedua tahun 2013. Exynos 5 Octa adalah SoC pertama di dunia yang dilengkapi dengan arsitektur delapan core ARM® big.LITTLE™ yang berbasis pada CPU Cortex-A15™, sebuah teknologi yang dibangun untuk penanganan kemampuan multitasking yang efisien untuk perangkat mobile high-end saat ini.

"Pengolahan kinerja tinggi didasarkan pada multi-core telah menjadi faktor penting untuk perangkat mobile yang canggih, dan apa yang bisa diharapkan oleh pengguna adalah berapa lama dan seberapa mulus mereka dapat menikmati pengalaman komputasi mobile cerdas," kata Kim Tae-hoon, vice president of marketing, System LSI Business, Device Solutions Division, Samsung Electronics. "Dengan platform mobile baru yang didorong oleh prosesor Exynos 5 Octa, yang bentara dan memenuhi harapan tersebut, konsumen akan dapat mengalami tingkatan komputasi mobile baru dalam beberapa bulan mendatang."

Seperti disorot saat CES 2013, Exynos 5 Octa adalah prosesor aplikasi mobile pertama di dunia yang menerapkan konsep arsitektur pengolahan baru, big.LITTLE™, berdasarkan CPU Cortex-A15™ untuk menawarkan penggunaan core yang lebih optimal. Dengan penempatan total delapan core untuk mengambil dari empat core Cortex-A15™ yang kuat untuk tugas pemrosesan yang intens bersama dengan empat core Cortex-A7™ untuk beban kerja yang lebih ringan agar lebih hemat daya - Exynos 5 Octa memungkinkan perangkat mobile untuk mencapai performa yang maksimal. Pendekatan ini menawarkan hingga 70 persen penghematan energi saat melakukan berbagai tugas, dibandingkan dengan menggunakan core Cortex-A15™ saja.

Prosesor Exynos terbaru akan diproduksi menggunakan teknologi terbaru 28-nanometer (nm) HKMG (High-k Metal Gate) dengan pemrosesan dan desain yang hemat daya, yang meningkatkan efisiensi daya prosesor dengan meminimalkan kebocoran arus statis.

Samsung Exynos 5 Octa meningkatkan kemampuan pengolahan grafis 3D yang kuat dengan lebih dari dua-kali jika dibandingkan dengan Exynos 4 Quad.

Dengan transisi teknologi layar canggih saat ini menuju resolusi yang lebih tinggi dan lebih tajam, Exynos 5 Octa cukup kuat untuk mendorong layar WQXGA (2560x1600), sebuah resolusi sebening kristal terbaik saat ini yang telah tersedia untuk perangkat mobile, yang memungkinkan pengguna untuk menikmati gambar video yang jernih pada smartphone dan tablet premium mereka.

Dengan mengadopsi e-MMC (embedded multimedia card) 5.0 dan interface USB 3.0 untuk pertama kalinya di industri, prosesor aplikasi Exynos baru ini menawarkan aliran transfer data yang sangat cepat, fitur yang semakin dibutuhkan untuk mendukung kekuatan pemrosesan canggih pada perangkat mobile sehingga pengguna dapat sepenuhnya mengalami komputasi mobile terkini seperti booting dan browsing web yang lebih cepat, dan loading game 3D.

Samsung Exynos 5 Octa menggabungkan mesin codec hardware video Full HD 60fps (frame per detik) untuk merekam video 1080p dan memainkannya kembali, interface 13 mega-pixel 30fps image signal processor (ISP) yang telah tertanam untuk fungsionalitas kamera berkualitas tinggi fungsi, dan 12,8GB/s memory bandwidth interface yang memungkinkan layar Full HD Wifi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar