Sabtu, 09 Maret 2013

Intel pamerkan TIZEN IVI saat MWC 2013


Saat berlangsungnya Mobile World Congress (MWC) 2013 kemarin di Barcelona, Spanyol, Intel memamerkan TIZEN IVI yang kompatibel dengan aplikasi HTML5. Lewat TIZEN IVI, Intel berharap bisa menciptakan sistem operasi tunggal untuk in-vehicle infotainment system buat produsen kendaraan dan pengembang aplikasi tidak harus menulis ulang aplikasi mereka untuk mobil yang berbeda.


Menurut Intel, beberapa pemain di industri otomotif saat ini kebanyakan merasa khawatir menggunakan sistem berbasis HTML5 dalam kendaraan mereka karena masalah lag. Untuk meredakan ketakutan ini, Intel membuktikan solusinya dalam demo di stan miliknya di MWC 2013 dengan menghubungkan komputer mini yang menjalankan sistem infotainment dengan tampilan layar sentuh dan roda setir video game bergaya arcade. Ketika menyentuh layar secara otomatis akan muncul tanggapan langsung dari sistem, yang memungkinkan kita untuk mengakses peta untuk navigasi dan mengubah lagu yang disimpan pada sistem hard drive atau smartphone. OS TIZEN IVI bahkan mampu memperlihatkan informasi secara real-time yang datang langsung dari kendaraan Anda, termasuk tekanan kelelahan dan suhu mesin ke layar.


Salah satu fitur TIZEN IVI yang lebih mengesankan adalah kemampuannya untuk mengubah dua ban pada layar dengan menggunakan roda setir pada unit demo itu. Alat pemilih roda gigi yang diinginkan terletak di sebelah roda setir, dan ketika ditarik secara otomatis akan menampilkan gigi mobil yang terpilih di layar.


Selain mampu membaca input dari pengguna, TIZEN IVI juga akan memungkinkan produsen kendaraan untuk menyediakan sejumlah aplikasi dalam mobil kepada pengguna tanpa memaksa pengembang untuk membuat versi khusus dari aplikasi mereka untuk para pembuat kendaraan yang berbeda. Meskipun sistem ini masih dalam tahap awal, namun melalui demo ini tampaknya semuanya akan berjalan dengan baik. Jadi tidak salah Linux Foundation memilih TIZEN sebagai platform referensi untuk Automotive Grade Linux.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar