Samsung berencana tinggalkan Android mulai akhir tahun ini


Mungkin ini lebih cepat dari perkiraan, namun Anda tidak salah baca. Ya, Samsung berencana untuk meninggalkan Android mulai akhir tahun ini. Setidaknya itu yang diisyaratkan oleh David Eun, mantan eksekutif Google yang direkrut oleh Samsung untuk memimpin Samsung Open Innovation Center (SOIC) di Silicon Valley.

Berbicara kepada AllThingsD pekan ini dalam acara D: Dive Into Media, Eun selaku Wakil Presiden Eksekutif dari Samsung Electronics berbicara untuk pertama kalinya tentang rencana Samsung untuk menekan pengusaha di Silicon Valley untuk mendorong konten dan bisnis media mereka, dan untuk mengubah portofolio perangkat ke dalam platform distribusi konten yang besar melalui SOIC yang dipimpinnya. Untuk operasional akan diarahkan pada inovasi Silicon Valley sebagai sumber teknologi yang dilihat Samsung sebagai hal besar berikutnya (the next big thing).

"Kami akan menggandakan inovasi untuk software, khususnya software yang bisa meningkatkan produk kami," kata Eun. "Kami berfokus pada investasi di perusahaan pemula, dan mengembangkan kemitraan dengan mereka yang dapat membantu kita meningkatkan pengalaman pengguna untuk konsumen kami."


Melalui SOIC, Samsung ingin menjadi semacam back end untuk pengembangan. "Kami ingin orang-orang dapat fokus sepenuhnya pada pengembangan produk," kata Eun. "Kami mengurus gaji dan tunjangannya, sehingga orang-orang tidak perlu khawatir tentang apa pun. Mereka hanya bisa fokus pada pengembangan produk mereka."

Semuanya ini tentu saja dilakukan untuk untuk menambah nilai ke platform milik Samsung, sesuatu yang bisa dijajakan oleh Samsung kepada para mitranya, dalam beberapa bentuk atau lainnya. Apakah itu berarti Samsung ingin terjun dalam jaringan periklanan seperti Google? Eun berpikir seperti itu.

"Kami berpikir tentang menjadi platform, dan memungkinkan mitra - apakah mereka menjadi pengiklan atau penyedia konten - untuk menemukan jalan mereka kepada kami," katanya. "Apakah ada di dunia di mana kita dapat mengumpulkan data dari semua perangkat kami, memprosesnya dan menciptakan sesuatu yang bernilai bagi mitra kami? Sebenarnya, mitra menginginkan distribusi, tetapi mereka juga ingin monetisasi. Saya pikir kami dapat menyediakan keduanya. Tapi ... kita perlu berpikir sangat serius tentang apa itu adalah untuk memiliki pengalaman terintegrasi pada perangkat kami dengan layanan dan iklan dari pihak ketiga."

"Kami sedang mencari orang-orang yang melihat kita sebagai lebih dari sekedar distribusi. Kami memiliki rasa yang sangat kuat tentang bagaimana produk akan berkembang, dan di mana pasar baru akan terjadi. ... Mitra yang ideal bagi kita adalah seseorang yang tertarik pada jejak global kami. Tapi juga seseorang yang kita dapat ekerjasama untuk menciptakan hal-hal yang benar-benar menarik. ... Pada intinya, kami perusahaan kewirausahaan. Dan kami telah melakukan itu dengan membuat taruhan besar dan benar-benar fokus pada eksekusi."

Setelah membahas panjang lebar rencana perusahaannya untuk masuk ke software, David Eun juga mengisyaratkan bahwa Samsung Electronics berencana untuk meninggalkan Android sebagai sistem operasi untuk perangkat cerdas mereka. Awalnya rencana ini akan dilakukan untuk smartphone high-end mereka pada kuartal terakhir tahun ini.


Sebelumnya saat berlangsungnya pengenalan platform mobile baru TIZEN di San Fransisco pada bulan Januari 2013 kemarin yang diadakan oleh Samsung Media Solution Center America (MSCA) untuk pengembang aplikasi lokal, Tim dari Samsung Evangelist mengatakan bahwa TIZEN lebih ditujukan untuk pasar smarrtphone high-end yang lebih mengetengahkan kecanggihan fitur dan teknologi terkini.

Pada tahun 2010, Samsung pernah meninggalkan Symbian setelah Nokia mengakuisisi Symbian Ltd. Pada tahun itu juga Samsung merilis smartphone high-end Galaxy S di kuartal keempat 2010 dengan OS Android sebagai pengganti Symbian. Dari high-end kemudian merembet ke lini produk mid-end dan low-end lewat seri Galaxy. Kini Samsung melakukan hal yang kurang lebih sama setelah Google mengakuisisi Motorola Mobility dan berniat membuat smartphone Motorola X tahun ini untuk bersaing dengan seri Galaxy S dari Samsung.

Comments