Jumat, 04 Januari 2013

Samsung siap bersaing head-to-head dengan Google di Silicon Valley


Samsung Electronics terus fokus pada usahanya untuk menjadi perusahaan software dan penyedia layanan dan konten yang bisa diperhitungkan di pasar global. Saat ini mereka sedang memusatkan perhatiannya ke Silicon Valley, jantung industri IT di Amerika Serikat, untuk merekrut tenaga kerja lokal dan mempercepat riset dan pengembangan (R&D) untuk teknologi yang inovatif.

Seluruh dunia mungkin akan memperhatikan dengan serius perubahan strategis Samsung ini dari "fast follower" menjadi "first mover", sesuai dengan instruksi dari Chairman Samsung Lee Kun-hee sesaat setelah akuisisi Google terhadap Motorola Mobility.

Samsung Electronics telah memperluas unit bangunan bisnis semikonduktor yang berlokasi di San Jose, California, sementara juga mentransfer Samsung Information Systems America (SISA), divisi R&D mereka di Amerika Serikat, ke gedung baru di Mountain View, di dekat markas besar Google berada.

Samsung telah mempercepat upaya R&D di Silicon Valley sejak tahun lalu. Mereka mendirikan Samsung Open Innovation Center (SOIC) dan Samsung Strategic Innovation Center (SSIC) pada bulan Oktober masing-masing di Palo Alto dan Menlo Park. Tujuannya adalah untuk membantu perusahaan startup lokal yang banyak bertebaran disini.

SOIC ini dipimpin oleh wakil presiden David Eun, mantan wakil presiden Google yang direkrut oleh Samsung pada akhir 2011 yang lalu. Eun bergabung dengan Samsung setelah lama meniti karir dalam industri media dan konten. Dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden AOL Media and Studios, di mana ia mengawasi upaya AOL untuk menjadi penyedia konten premium terkemuka, yang mencakup lebih dari 100 website yang berbeda dan studio produksi di New York dan Los Angeles.

Sebelum itu, ia adalah pimpinan eksekutif untuk kemitraan konten di Google yang bertugas pada strategi media, kemitraan dan aliansi strategis yang mencakup lebih dari 30 produk yang berbeda termasuk Google Books dan Google Maps serta ikut andil dalam akuisisi YouTube. Dia juga memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bisnis media tradisional dari bekerja di Time Warner dan NBC.

Samsung Electronics mengatakan bahwa David Eun akan memainkan peran kunci dalam mengembangkan strategi media global dan mendorong peluang bisnis baru untuk mengambil keuntungan dari pertumbuhan Samsung dalam sektor televisi digital dan layar, smartphone, tablet dan perangkat lain yang terhubung.

"Samsung Electronics memiliki jejak tak tertandingi di beberapa perangkat dan platform yang memberikan pengalaman yang unik untuk konsumen di seluruh dunia. Persaingan untuk menonjol di ruang keluarga telah dimulai, dan Samsung Electronics idealnya bisa untuk melampaui situasi itu untuk menghubungkan seluruh rumah dan kehidupan konsumen," kata Eun saat pelantikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar