Kamis, 03 Januari 2013

Samsung luncurkan Smart TV SDK 4.0 yang mendukung Linux dan HTML5


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka akan merilis Smart TV SDK (Software Development Kit) 4.0 di 2013 International Consumer Electronics Show (CES) yang akan berlangsung dari tanggal 8-11 Januari 2013 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Smart TV SDK akan memungkinkan pengembangan aplikasi dan software HTML5 buat Smart TV di OS Linux dan Mac, selain Windows.

Sampai saat ini, pengembangan software Samsung Smart TV hanya didukung OS Windows. Dengan SDK 4.0 yang baru memungkinkan untuk pengembangan software Smart TV di lingkungan Linux dan Mac. Hal ini diharapkan dapat mengarah pada pengembangan aktif software Smart TV di beberapa daerah di mana OS non-Windows lebih banyak digunakan.

Samsung adalah yang pertama di industri TV yang menyediakan lingkungan pengembangan cloud lokal. Lingkungan ini memungkinkan pengembangan konten berdasarkan hubungan antara layanan web dengan memanfaatkan API (Application Programming Interface) yang terbuka.

Selain itu, Smart TV SDK 4.0 menyediakan lingkungan pengembangan cloud lokal yang memungkinkan pengembang yang menggunakan OS Mac atau Linux untuk bekerjasama dengan pengembang lain yang menggunakan OS Windows. Akibatnya, banyak pengembang dapat terlibat dalam upaya tim, menghasilkan efisiensi pengembangan software yang lebih besar dan mengurangi biaya.

Dengan memperluas dan mendukung HTML5 di Smart TV SDK 4.0, sebuah bahasa pemrograman standar, Samsung telah meletakkan dasar bagi banyak pengembang software untuk dengan mudah mengambil bagian dalam pengembangan aplikasi Smart TV. Dengan HTML5, Samsung telah mampu membangun sebuah lingkungan terintegrasi yang mendukung pengembangan aplikasi konvergensi.

Hal ini memungkinkan Samsung Smart TV untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan perangkat eksternal. Dan untuk mempromosikan pengembangan aktif software Smart TV melalui fungsi Samsung Smart Interaction, Samsung telah memperkuat fungsi pengenalan suara (voice) dan gerakan (gesture) di Smart TV.

"Samsung telah membuat upaya yang terus-menerus untuk membangun ekosistem di mana pengembang software di seluruh dunia dapat lebih mudah mengembangkan software Smart TV menggunakan ide-ide kreatif mereka. Ide-ide kreatif pengembang dan fitur inovatif Samsung Smart TV akan datang bersama-sama untuk menawarkan pengalaman Smart TV yang optimal untuk pelanggan," kata Lee Hyo-gun, wakil presiden senior, Visual Display Business di Samsung Electronics.

Samsung Smart TV adalah platform televisi yang memiliki aplikasi berbasis web (HTML5) yang berjalan pada engine aplikasi yang diinstal pada TV digital yang terhubung ke internet. Secara software, platform Samsung Smart TV atau DTV dibangun pada sistem operasi Samsung Linux Platform (SLP, sekarang berubah menjadi TIZEN) yang berbasis Linux kernel 2.6 dan Enlightenment Foundation Libraries (EFL). Versi stabil terbaru adalah 3.0 untuk model Samsung Smart TV di tahun 2012, dan versi 4.0 akan diluncurkan untuk model Samsung Smart TV di tahun 2013.

Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang platform Samsung Smart TV disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar