Senin, 31 Desember 2012

Kilas Balik TIZEN selama 2011-2012 (Bagian 2)


Bagian kedua dari kilas balik peristiwa penting seputar TIZEN sejak awal kemunculannya hingga sekarang. Semoga berkenan dan sekali lagi kami mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2013."

Anda bisa membaca isi selengkapnya dengan meng-klik pada judul tiap artikel.

JUNI 2012


Samsung mulai memfokuskan rencana rencana dan strateginya di bisnis mobile dan IT, terutama dalam hal software. Raksasa teknologi Korea Selatan ini segera mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan Linux Foundation di level tertinggi, sebagai anggota Platinum. Posisi ini secara tidak langsung akan memberi Samsung kursi di dewan Linux Foundation.


LinuxCon Japan 2012 menjadi pameran Jepang dan konferensi Asia untuk Linux Foundation dengan bersama-sama membawa bakat teratas dari Jepang, Asia dan seluruh dunia. LinuxCon Japan 2012 berlangsung dari tanggal 6-8 Juni 2012 di Pacifico Yokohama, Yokohama, Jepang, dan dihadiri oleh pengembang Software, Linux IT Professionals, Corporate End Users, Senior Business Executives, IT Operations Experts, System Administrators, Mahasiswa, Media dan siapa saja yang berkepentingan dengan ekosistem Linux dan Tizen.


Web Simulator adalah tool ringan untuk pengembangan dan pengujian aplikasi mobile buat pengembang aplikasi web. Tool ini mensimulasikan implementasi dari device API pada platform yang berbeda, sehingga aplikasi web dengan device API bisa diuji dengan mudah secara virtual atau tanpa platform perangkat yang nyata. Saat ini Web Simulator mendukung Tizen 1.0 Web API.


Rapid Interface Builder (RIB) adalah tool desain berbasis browser untuk merancang prototipe UI dan membuat graphical user interface untuk aplikasi web. RIB adalah proyek open source dari Intel yang berada dibawah lisensi Apache Software License v.2.0.


Atas dasar kesadaran bahwa untuk mengembangkan software, membuat aplikasi dan mengujinya dibutuhkan hardware fisik, Tizen Project mengadakan program untuk bagi-bagi perangkat Tizen untuk pengembang software dan aplikasi Tizen. Perangkat Tizen yang disebut Software Development Platform ini akan dibagikan untuk pengembang yang memenuhi persyaratan dari Linux Foundation selaku pemilik dari proyek Tizen.



AGUSTUS 2012


Tim jQuery Mobile pada 1 Agustus kemarin telah mengumumkan perilisan versi alpha dari 1.2.0 . Rilis ini membawa sebuah popup widget baru, pilihan autodivider untuk listviews, dan sejumlah perangkat tambahan dan perbaikan buat seluruh library untuk membuatnya lebih halus, cepat, dan lebih dipoles.


Tahun depan Intel akan memulai transisi untuk prosesor Atom ke mikroarsitektur 22nm, dengan kode nama Silvermont. Prosesor Atom baru ini akan ditujukan buat perangkat mobile open source yang berbasis TIZEN, perangkat embedded yang berbasis Linux, TIZEN, dan QNX serta desktop PC yang berbasis Windows 7 maupun Windows 8, dimana prosesor baru ini akan menggantikan generasi sebelumnya chip Bonnell 45nm dan generasi saat ini CPU Saltwell 32nm.


Sebagai anggota premium dari Linux Foundation dan TIZEN Association, Intel dan Samsung bekerjasama menyelenggarakan "TIZEN Mini-summit" di konferensi LinuxCon North America 2012 yang kali ini diselenggarakan di Hotel Sheraton & Marina, San Diego, California, Amerika Serikat dari tanggal 29-31 Agustus 2012. TIZEN Mini-summit di LinuxCon Amerika Utara ini hadir dengan serangkaian sesi seputar pengembangan TIZEN.


SEPTEMBER 2012



"Workgroup ini akan memanfaatkan TIZEN untuk membuat proyek seperti Debian atau Fedora untuk industri otomotif," kata Jim Zemlin, direktur eksekutif di Linux Foundation. "Seperti distribusi komunitas lainnya, Automotive Grade Linux dengan cepat akan memberi nyawa untuk teknologi canggih untuk mobil dan mitra mereka yang dapat membangun produk berbasis Linux untuk mobil terbaru."


Livio pada 19 September yang lalu mendemonstrasikan aplikasi Livio Connected mobile phone yang beroperasi pada perangkat berbasis prosesor Intel® Atom™ yang berjalan pada OS TIZEN IVI saat Automotive Linux Summit 2012, acara global yang diselenggarakan oleh Linux Foundation.


Hari ini Tizen Technical Steering Group telah mengumumkan bahwa Tizen 2.0 alpha source code dan SDK sekarang telah tersedia. Tizen 2.0 Alpha SDK dan Source Code terbaru ini diharapkan akan bisa mendorong pengembang untuk mulai bekerja dengan fitur-fitur dan fungsi baru serta memberikan umpan balik yang dapat digunakan untuk meningkatkan Tizen selama tahap akhir pengembangannya. Anda dapat mengunjungi komunitas Tizen untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana berpartisipasi dalam proyek Tizen.


OKTOBER 2012


Saat berlangsungnya PhoneGap Day EU 2012 yang berlangsung di Amsterdam bulan kemarin, Paul Plaquette, Senior Software Engineer dari Intel Open Source Technology Center, memberikan ceramah tentang proses memporting Cordova ke TIZEN yang dilakukan oleh tim Intel OTC. Lewat tool dari Cordova atau PhoneGap, pengembang bisa dengan mudah mengembangkan aplikasi mobile untuk TIZEN dan juga platform mobile lainnya dengan memanfaatkan teknologi web seperti HTML, CSS dan Javascript.


OpenMobile World Wide memamerkan teknologi Application Compatibility Layer (ACL)™ mereka di pertemuan seluruh anggota GENIVI ketujuh yang berlangsung dari tanggal 9-12 Oktober di Shanghai Marriott Hotel City Centre, Shanghai, China. Dengan ACL, semua aplikasi Android dipastikan akan bisa berjalan mulus pada sistem TIZEN In-Vehicle Infotainment (IVI).



Linux Foundation untuk pertama kalinya tahun ini mengadakan Korea Linux Forum di Seoul, Korea Selatan, pada 11-12 Oktober yang lalu. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk membina hubungan yang lebih kuat antara Korea Selatan dan komunitas pengembangan Linux global.



NOVEMBER 2012


Dalam pameran Embedded Technology 2012 (ET2012) yang berlangsung antara tanggal 14-16 November di Jepang, Intel mendemontrasikan sistem navigasi mobil berbasis TIZEN IVI yang menghubungkan smartphone dengan car navigation evaluation board berbasis "Atom E600 Series".


Secara software, platform Samsung Smart TV atau DTV dibangun pada sistem operasi Samsung Linux Platform (SLP, sekarang berubah menjadi TIZEN) yang berbasis Linux kernel 2.6 dan Enlightenment Foundation Libraries (EFL). Versi atabil terbaru adalah 3.0 untuk model Samsung Smart TV di tahun 2012, dan versi 4.0 akan diluncurkan untuk model Samsung Smart TV di tahun 2013.


Bersamaan dengan pengenalan desain baru dari website resmi untuk proyek Tizen, hari ini juga ikut diluncurkan merek terbaru dari Tizen beserta logo dan pedoman penggunaannya. Tizen secara alami adalah open source dan identitas yang ditampilkan di bawah ini telah dibuat untuk menangkap sumber terbuka yang memungkinkan kebebasan dan telah dirancang untuk menjadi fleksibel dan bebas dikustomisasi.


DESEMBER 2012


Samsung Electronics akan meluncurkan platform mobile open source TIZEN secara global tahun depan. Selain itu, Samsung juga mencanangkan target untuk bisa menjual 10 juta smartphone berbasis TIZEN di 2013. Untuk itu, Samsung bersama mitra domestik dan internasional akan mempercepat proyek pengembangan smartphone TIZEN.


Secara dasar, TIZEN 2.0 Alpha belum mendukung input untuk karakter Jepang. Takahashi Naruto dari komunitas Tizen Japan Consortium (TJC) kemudian tergerak untuk membuat proyek pengembangan untuk lingkungan karakter Jepang pada TIZEN yang diberi nama TAIYAKI Project.


World Wide Web Consortium (W3C) hari ini menerbitkan definisi lengkap dari spesifikasi HTML5 dan Canvas 2D. Meskipun belum mencapai standar W3C, spesifikasi ini sekarang sudah lengkap secara fitur, dalam arti untuk bisnis dan pengembang sudah memiliki target stabil untuk implementasi dan perencanaan. HTML5 adalah landasan dari Open Web Platform, lingkungan pemrograman penuh untuk aplikasi cross-platform dengan kemampuan akses ke perangkat, video dan animasi, grafis, style, tipografi, dan tool-tool lainnya untuk penerbitan digital, kapabilitas jaringan yang luas, dan banyak lagi.


Yomiuri Shimbun, media cetak terbesar dan tertua di Jepang dengan sirkulasi terbesar di dunia, hari ini mempublikasikan bahwa operator seluler terbesar di Jepang NTT DoCoMo akan merilis smartphone berbasis OS TIZEN tahun depan di negaranya. NTT DoCoMo dikabarkan saat ini sedang bekerjasama secara intensif dengan produsen smartphone terbesar Samsung Electronics untuk mengembangkan dan merancang sebuah perangkat high-end yang akan didistribusikan di Jepang mulai awal 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar