Senin, 31 Desember 2012

Kilas Balik TIZEN selama 2011-2012 (Bagian 1)


TIZEN Indonesia lahir tepat saat peluncuran proyek TIZEN pada 28 September 2011 oleh Linux Foundation dan LiMo Foundation. Untuk menyambut pergantian tahun sebentar lagi, kita akan menampilkan kembali artikel-artikel yang berkaitan dengan peristiwa penting seputar TIZEN sejak awal kemunculannya hingga sekarang. Tidak lupa sebelumnya kami mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2013."

Anda bisa membaca isi selengkapnya dengan meng-klik pada judul tiap artikel.

SEPTEMBER 2011


"Linux Foundation sangat senang menjadi tuan rumah dari platform Tizen," ujar Jim Zemlin, Direktur Eksekutif dari Linux Foundation. "Platform open source seperti Tizen sangat baik untuk Linux karena adopsi yang masa depan yang lebih baik di kategori perangkat. Kami berharap dapat bekerjasama dengan LiMo Foundation dan para anggota dari proyek ini."


OKTOBER 2011


Intel menyatakan bahwa AppUp center akan diperluas untuk mendukung TIZEN dengan Intel AppUp sebagai toko aplikasi terdepan untuk implementasi berbagai kategori perangkat TIZEN. Adapun untuk pengembangan aplikasi TIZEN, Intel AppUp developer program akan menjadi tujuan utama bagi pengembang yang memungkinkan pengembangan program yang mereka tahu, termasuk laboratorium aplikasi, accelerator funding, developer challenges, dan keterlibatan komunitas, untuk membantu mendorong pengembangan dan aplikasi yang inovatif untuk platform TIZEN™.


Tizen Summit Pertama yang akan diadakan di Beijing, China pada tanggal 8 - 9 Desember. Konferensi ini akan diselenggarakan di Beijing Marriott Hotel City Wall untuk berkumpul bersama antar vendor Open Source, OEM, operator dan kontributor proyek Tizen lainnya, bersama dengan kontributor Open Source lokal di China.


DESEMBER 2011




JANUARI 2012


LiMo Foundation dan Linux Foundation meluncurkan Tizen Association yang memungkinkan para stakeholder kunci untuk secara aktif membentuk peran industri dan mengembangkan keberadaan pasar untuk Tizen. Tizen Association dipimpin oleh Board of Directors yang akan memandu peran industri dari Tizen, termasuk pengumpulan persyaratan, identifikasi dan fasilitasi pelayanan model, dan pemasaran industri secara keseluruhan dan pendidikan.


Tizen SDK versi alpha untuk sistem operasi open source Tizen kini sudah tersedia. Seiring dengan SDK ini, juga ikut dirilis source code dari Tizen sehingga pengembang aplikasi dapat mengeksplorasi platform secara rinci. Satu set tool ini, bersama dengan dokumentasi yang sesuai dan source code, akan menyediakan pengembang dengan informasi yang diperlukan untuk menjadi lebih akrab dengan perkembangan Tizen. Pada rilis alpha dari source code Tizen ini ditargetkan terhadap perangkat smartphone dan tablet serta berjalan pada emulator PC.


"Intel dan Samsung telah bermitra antara satu sama lain dalam berbagai bidang," kata Vice Chairman Samsung Electronic Choi Gee-sung. "Hubungan kerja sama yang erat ini akan terus berlanjut elama perjalanan di sektor mobile dan OS TIZEN adalah salah satu dari banyak contoh."


"Kami akan berusaha untuk menggabungkan bada dan Tizen," kata Kang Tae-jin, Senior Vice President of Samsung’s Contents Planning Team dalam sebuah wawancara di pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2012 dengan Elizabeth Woyke, staf wanita keturunan Korea dari Forbes. Kang mengatakan ia tidak tahu kapan pekerjaan itu akan lengkap tetapi itu sudah berlangsung.


FEBRUARI 2012


Untuk mengetahui keterkaitan antara Tizen dan EFL kita bisa mengetahui lebih jauh lewat wawancara dengan salah satu engineer utama dari Samsung yang sekaligus adalah pendiri dan kepala dari EFL setelah yang bersangkutan menjadi salah satu pembicara dalam pertemuan para pengembang FOSDEM 2012 baru-baru ini.


Tizen Association dan Linux Foundation hari ini mengumumkan update penting untuk kemajuan platform software Tizen terhadap pengenalan pasar. Termasuk dalam pengumuman hari ini di acara Mobile World Congress (MWC) 2012 yang saat ini diadakan di Barcelona, Spanyol, adalah perilisan dari source code dan SDK untuk platform Tizen versi beta dan berita bahwa Huawei telah bergabung dengan Tizen Association Board of Directors.


MARET 2012


HTML5 Playground adalah tool untuk menginspirasi pengembang dalam mengeksplorasi, belajar, berbagi dan bereksperimen dengan aplikasi dan kode HTML5. HTML5 Playground dibangun dengan kesederhanaan dalam pikiran, dan bersifat sosial dari awal. HTML5 Playground dirilis sebagai alat pengembang Intel AppUp beta, dan Intel berjanji akan dengan cepat menambahkan banyak fitur dalam beberapa minggu mendatang. HTML5 Playground bisa berjalan di setiap browser yang didukung oleh HTML5.


Linux Foundation Collaboration Summit keenam diadakan tahun ini pada tanggal 3 - 5 April 2012 di Hotel Nikko di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Sebagai salah satu proyek utama dari Linux Foundation, Tizen Project tentu saja hadir di acara ini untuk mengadakan kelompok kerja selama sehari.


Saat berlangsungnya Tizen Workgroup selama sehari di Linux Foundation Collaboration Summit 2012 kemarin, ada berbagai presentasi yang disampaikan. Kita bisa mengetahui apa yang mereka sampaikan lewat materi presentasi berikut ini.


APRIL 2012


EFL (Enlightenment Foundation Libraries) ditulis untuk mendukung pengembangan Enlightenment, dan akhirnya menjadi sebuah toolkit lengkap untuk membuat aplikasi untuk desktop dan terutama untuk perangkat yang bertenaga lebih rendah seperti smartphone dan tablet. Fokus pada pencapaian efek yang besar, kemudahan pemrograman dan efisiensi yang ramping telah menarik beberapa pemain utama untuk EFL, seperti Samsung Electronics. EFL sedang digunakan dalam pengembangan untuk perangkat generasi berikutnya.


MEI 2012


Hari ini Tizen Technical Steering Group dari Linux Foundation mengumumkan perilisan Tizen 1.0 Larkspur, termasuk penambahan komponen baru, serta source code yang berfokus pada peningkataan stabilitas dan kinerja.


Trevor Cornwel, pendiri dan CEO dari appbackr, hari ini mengumumkan bahwa perusahaannya akan bermitra dengan TIZEN untuk menghadirkan aplikasi-aplikasi berbasis HTML5 untuk perangkat TIZEN. Appbackr adalah pasar grosir digital pertama dan satu-satunya untuk toko aplikasi.


Sprint hari ini mengumumkan bahwa mereka telah bergabung dalam Tizen Association dan Fared Adib, vice president-Product dari Sprint, akan bergabung dengan Tizen board of directors. Sprint adalah operator (carrier) pertama dari Amerika Utara yang menjadi bagian dari Tizen Association. Sprint akan bergabung banyak operator terkemuka di dunia dalam Tizen Association, termasuk NTT DoCoMo, Orange, SK Telecom, Telefonica dan Vodafone.


Akhirnya prototipe smartphone Tizen ditampilkan saat Tizen Developer Conference 2012 yang saat ini sedang berlangsung di Hotel Hyatt Regency di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Para pengunjung bisa mencoba smartphone ini untuk menguji fitur-fitur yang ada pada Tizen versi awal saat konferensi.



OpenMobile, salah satu perusahaan software yang menjadi sponsor dari Tizen Developer Conference 2012 kemarin, menunjukkan aplikasi Android yang bisa berjalan dengan mulus di perangkat Tizen. Lewat software yang diberi nama Application Compatibility Layer (ACL) yang diluncurkan pada awal Januari yang lalu, OpenMobile mengklaim bisa menghadirkan semua aplikasi Android di semua perangkat Tizen, termasuk smartphone dan tablet.


Konferensi pengembang Tizen yang pertama, Tizen Developer Conference 2012, telah sukses diselenggarakan 2 minggu yang lalu di Hotel Hyatt Regency, San Francisco, California, Amerika Serikat. Peserta berkisar antara pengembang, desainer platform, operator, OEM dan vendor hardware/software hingga penggemar open rource. Acara ini menawarkan kesempatan yang sangat baik untuk belajar tentang Tizen, teknologi yang terlibat didalamnya dan pengembangan aplikasi HTML5 untuk perangkat Tizen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar