Sabtu, 29 Desember 2012

Kilas balik HTML5 di tahun 2012


Bisa dibilang, tahun 2012 penuh dinamika untuk perkembangan HTML5. Dicap oleh beberapa orang sebagai obat mujarab untuk aplikasi mobile, teknologi ini telah digunakan oleh Facebook dan LinkedIn untuk aplikasi mobile mereka dan diadopsi oleh media raksasa seperti Financial Times dan New York Times.

Bahkan, perlu dicatat bahwa aplikasi mobile yang sepenuhnya berbasis HTML5 telah meningkat pesat pada tahun 2012. Pengembang telah menemukan cara untuk menawarkan fitur layaknya aplikasi native seperti pinch-to-zoom, scrolling touchscreen yang lebih baik dan kaitan untuk cache data lokal (penyimpanan offline), dan sementara itu bisa dibilang bahwa aplikasi HTML5 juga masih ada kekurangan terutama dalam hal kecepatan untuk bisa bersaing dengan aplikasi native sehingga akan ada tanda-tanda perbaikan yang akan datang pada tahun 2013.

"Melalui 2014, kinerja JavaScript akan mendorong HTML5 dan browser sebagai lingkungan pengembang aplikasi utama," kata analis pasar mobile Gartner baru-baru ini. "Akan ada pergeseran panjang ke HTML5 dari aplikasi native setelah HTML5 dianggap menjadi lebih mampu."

Langkah berikutnya dari evolusi teknologi HTML5 akan terletak pada standarisasi, yang semakin dekat sekarang setelah Worldwide Web Consortium (W3C) telah setuju untuk memperkenalkan definisi aplikasi HTML5 dengan maksud untuk standardisasi teknologi pada tahun 2014.

"Semakin luas jangkauan teknologi Web, semakin banyak stakeholder kami yang menuntut standar yang stabil," kata CEO W3C Jeff Jaffe. "Sampai saat ini, pebisnis tahu apa yang mereka dapat diandalkan untuk HTML5 di tahun-tahun mendatang, dan apa yang menjadi tuntutan pelanggan mereka. Demikian juga, pengembang akan tahu keterampilan apa yang perlu dikembangkan untuk mencapai smartphone, mobil, televisi, ebooks, penanda digital, dan perangkat lain yang belum diketahui."

Lee Won-suk, Principal Engineer dari Samsung Electronics dan Ketua W3C HTML5 Korea, telah menyusun tren industri HTML5 selama 2012 yang presentasinya bisa Anda baca dibawah ini.


Dengan hadirnya berbagai sistem operasi baru berbasis web seperti Firefox OS, Open WebOS dan TIZEN, aplikasi mobile HTML5 akan mendapatkan visibilitas yang lebih besar pada tahun 2013, dan ini benar-benar akan didorong oleh pengembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar