Rabu, 12 Desember 2012

Intel siap pasarkan prosesor mobile hemat daya tahun depan


Intel mengatakan telah menyiapkan manufaktur teknologi baru yang akan meluncurkan generasi baru dari chip mobile hemat daya untuk smartphone dan tablet. Pada sebuah konferensi industri di San Francisco pada hari Senin (10/12) kemarin, Intel melaporkan kemajuan teknologi untuk membuat SoC, atau "sistem-on-a-chip" dengan pemrosesan 22 nanometer.

"Teknologi SoC 22-nm dari Intel akan siap untuk produksi dalam volume tinggi pada 2013," kata Intel dalam salinan presentasi yang dikutip oleh Reuter.

SoC mobile yang dibuat oleh Intel saat ini dibuat dengan pemrosesan 32-nm, sedangkan Qualcomm membuat SoC terbaiknya di 28-nm dan Nvidia menggunakan teknologi 40-nm. Pembuatan chip dengan pemrosesan yang lebih kecil memungkinkan untuk kinerja yang lebih baik dan efisiensi daya.

Saat meluncurkan SoC Intel Atom terbaru seri S1200 64-bit yang untuk pertama kalinya menawarkan jonsumsi daya sangat rendah cuma 6-watt kemarin, Intel juga mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja pada generasi berikutnya prosesor Intel Atom untuk efisiensi energi yang ekstrim dengan nama sandi "Avoton." Avoton yang akan menggunakan teknologi transistor 3-D Tri-gate 22-nm ini akan tersedia pada tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar