Selasa, 06 November 2012

Enlightenment E17 versi Alpha dirilis saat EFL Developer Day


Source code untuk window manager berbasis Linux yang dikenal sebagai Enlightenment 17 (E17) dikomit ke dalam repositori nya pada 8 Desember 2000. Sekarang, setelah hampir 12 tahun dikembangkan bersama dengan komunitas EFL, proyek ini telah mengumumkan bahwa E17 telah siap untuk memasuki rilis versi alpha.

Mike Blumenkrantz atau yang lebih dikenal dengan zmike, software engineer senior di Samsung Electronics, dan manajer rilis untuk Enlightenment, mengumumkan lewat situs resmi Enlightenment:

Saat EFL Developer Day selama pembicaraan oleh Jorge "turran" Zapata, keputusan telah dibuat. Ini adalah pengumuman untuk rilis ALPHA dari Enlightenment DR 0.17. E17 adalah desktop environment yang sudah dalam pengembangan selama beberapa tahun, dan akhirnya sampai pada titik di mana kami cukup senang dengan itu untuk melakukan rilis alpha. Keputusan ini datang hanya beberapa jam sebelum saya akan memberikan presentasi di LinuxCon dimana saya akan mengumumkan jadwal rilis untuk E17.

Versi 0.17, yang juga disebut sebagai DR17 atau E17, telah dikembangkan sejak Desember 2000. Ini adalah penulisan ulang lengkap pada DR16 dan dirancang untuk menjadi shell desktop penuh, berdasarkan pada Enlightenment Foundation Libraries (EFL) yang baru.

Enlightenment 0.17 adalah generasi berikutnya dari UNIX graphical environment. Ini bukan hanya sebuah window manager, tetapi juga merupakan shell desktop. Sebuah shell desktop berarti sebuah window manager ditambah file manager, ditambah utilitas konfigurasi, semua dalam satu. Mereka tidak dipisahkan seperti biasa.

Kinerja tinggi tidak berarti bahwa tidak "eye-candy." Mulai dari animasi screen boot, dilanjutkan dengan semua animasi dan efek yang dapat diberikan melalui tema, dan berakhir dengan background animasi yang mewah. Tapi tidak berat. E17 sangat bisa dikonfigurasi. Saat ini memiliki panel konfigurasi bagus dengan dialog untuk segala macam hal. Anda dapat mengubah wallpaper atau tema, font, resolusi layar, pengaturan daya monitor, keyboard dan pengaturan mouse, bahasa yang digunakan Enlightenment, dan sebagainya. Anda dapat mengontrol hampir setiap aspek yang dapat dilakukan oleh E.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar