Selasa, 27 November 2012

Demi ekosistem TIZEN, Samsung aktif dukung standarisasi HTML5


Dalam rangka untuk membangun ekosistem yang kuat untuk sistem operasi TIZEN, Samsung Electronics kini aktif mendukung standarisasi untuk HTML5 Application Programming Interface (API). Seperti kita tahu, selain mendukung aplikasi native berbasis EFL, OS TIZEN juga mengandalkan aplikasi mobile berbasis HTML5 dan aplikasi hybrid perpaduan antara native dan HTML5.

Saat berlangsungnya HTML5, Open Platform, Convergence Technology and Business Conference di COEX Convention Center, Seoul pada tanggal 20 November kemarin, principal engineer Samsung Electronics dan ketua W3C HTML5 Korea Dr. Lee Won-suk, mengatakan bahwa lingkungan pengembangan bagi pengembang untuk membantu ekosistem TIZEN akan dikerahkan terutama untuk API. Samsung akan mengadopsi standar web berdasarkan World Wide Web Consortium (W3C) sebagai standar internal mereka. Untuk itu, menurut Won-suk, pihaknya akan berusaha memimpin dalam setiap usaha untuk menerapkan standarisasi awal buat aplikasi web.

"Waktu yang dibutuhkan sebuah standar API W3C hasil dari pertimbangan perusahaan teknologi yang berpartisipasi di dalamnya biasanya antara satu hingga dua tahun," kata Dr. Lee Won-suk.

Menurut Lee Won-suk, saat ini Intel dan Samsung Electronics sedang mengembangkan standar inti dari HTML5 dan berusaha untuk menjadikan TIZEN sebagai platform web yang lebih baik. Dan, "Pengembangan dari OS yang sebenarnya adalah untuk mempercepat pengembangan ekosistem secara keseluruhan," katanya.

Acara yang diselenggarakan oleh HTML Leaders Camp bekerjasama dengan Korea Wireless Internet Solution Association (KWISA) ini sukses besar dihadiri oleh sekitar 450 pengembang web dan pejabat pemerintahan terkait. Melalui acara ini diharapkan bisa mempromosikan status teknis dari platform HTML5 untuk saling berbagi dan bertukar informasi antara pengembang.

Sebelumnya pejabat dari Korea Communications Commission (KCC) telah mengatakan bahwa mereka siap untuk mendukung rencana kebijakan pemerintah untuk menyebarkan ekosistem TIZEN di negaranya. Komisi ini juga telah mengumumkan langkah-langkah dukungan, termasuk meningkatkan penggunaan teknologi web, khususnya HTML5 di lingkungan institusi publik dan perusahaan di Korea dan menetapkan 15 kebijakan pemerintah, termasuk pengembangan dan standarisasi Web berbasis teknologi terbuka.

Pada semester pertama tahun depan, Samsung berencana untuk meluncurkan smartphone TIZEN pertama. Sebelumnya, versi lengkap dari versi terbaru TIZEN 2.0 akan dirilis pada Januari 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar