Senin, 19 November 2012

CEO Intel Paul Otellini akan pensiun pada bulan Mei


Intel Corporation hari ini mengumumkan bahwa presiden dan CEO mereka, Paul Otellini, telah memutuskan untuk pensiun sebagai seorang officer dan direktur pada pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan yang akan diadakan pada bulan Mei, dan akan memulai transisi kepemimpinan selama enam bulan ke depan. Keputusan Otellini untuk pensiun akan membawa ke penghujung karir yang luar biasa selama hampir 40 tahun pelayanan yang berkesinambungan bagi Intel dan pemegang saham.

"Paul Otellini telah menjadi pemimpin yang sangat kuat, menjadi salah satu dari lima CEO terbesar dalam sejarah 45 tahun perusahaan, dan orang yang telah berhasil membawa perusahaan melalui masa transisi dan pasar yang menantang," kata Andy Bryant, ketua dewan. "Dewan sangat berterima kasih atas kontribusi yang tak terhitung banyaknya untuk perusahaan dan kepemilikan yang dibedakan sebagai CEO selama delapan tahun terakhir."

"Aku merasa istimewa bisa memimpin salah satu perusahaan terbesar di dunia," kata Otellini. "Setelah hampir empat dekade bersama perusahaan dan delapan tahun sebagai CEO, saatnya untuk bergerak dan mentransfer helm Intel untuk generasi baru kepemimpinan. Saya berharap untuk bisa bekerja sama dengan Andy, dewan dan tim manajemen selama masa transisi enam bulan, dan bersedia untuk berperan sebagai penasehat manajemen setelah pensiun sebagai CEO."

Dewan direksi akan melakukan proses untuk memilih pengganti dari Otellini dan akan mempertimbangkan kandidat internal dan eksternal untuk pekerjaan itu.

Selain itu, perusahaan juga mengumumkan bahwa dewan telah menyetujui promosi tiga pemimpin senior untuk posisi wakil presiden eksekutif: Renee James, kepala bisnis software Intel, Brian Krzanich, chief operating officer dan kepala manufaktur di seluruh dunia; dan Stacy Smith, kepala keuangan dan direktur strategi perusahaan.

Paul Otellini juga sangat berjasa besar pada kelahiran platform software open source TIZEN. Saat berlangsungnya pameran elektronik CES 2012 di Las Vegas, Amerika Serikat, Otellini mengadakan pertemuan strategis dengan Vice Chairman Samsung Electronics Choi Gee-sung, Presiden Samsung sekaligus putra dari Chairman dan pemilik Samsung Lee Kun-hee, Lee Jae-yong, dan Presiden dari Samsung Mobile Shin Jong-kyun atau yang lebih dikenal dengan JK Shin untuk mendiskusikan referensi smartphone dengan Intel dan bagaimana mereka akan bekerja sama untuk itu.

Perpisahan Otellini sebagai CEO Intel di bulan Mei yang akan datang secara kebetulan juga bertepatan dengan bulan saat berlangsungnya acara TIZEN Developer Conference yang kedua yang akan diselenggarakan antara 22-24 Mei 2013 di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Kita harapkan penerus Otellini sebagai CEO Intel juga memiliki komitmen yang sama atau lebih tinggi dalam pengembangan proyek TIZEN bersama Linux Foundation dan Samsung Electronics.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar