Rabu, 29 Agustus 2012

Intel siapkan prosesor quad-core 22nm untuk perangkat TIZEN tahun depan


Tahun depan Intel akan memulai transisi untuk prosesor Atom ke mikroarsitektur 22nm, dengan kode nama Silvermont. Prosesor Atom baru ini akan ditujukan buat perangkat mobile open source yang berbasis TIZEN, perangkat embedded yang berbasis Linux, TIZEN, dan QNX serta desktop PC yang berbasis Windows 7 maupun Windows 8, dimana prosesor baru ini akan menggantikan generasi sebelumnya chip Bonnell 45nm dan generasi saat ini CPU Saltwell 32nm. Rincian prosesor Silvermont ini diterbitkan oleh computerbase.de, yang menemukan dokumen Intel yang bocor di situs China Baidu.

Prosesor Atom "Silvermont" akan ditawarkan sebagai bagian dari platform Bay Trail, dan mereka akan diimplementasikan sebagai Systems on a Chip (SoC). Atom akan menggunakan salah satu dari empat variasi dari core ValleyView: ValleyView-I untuk aplikasi industri, ValleyView-T untuk perangkat mobile, ValleyView-D untuk desktop dan ValleyView-M untuk netbook, semuanya tergantung pada pasar. SoC ValleyView akan tersedia dengan satu, dua dan empat core CPU, dengan masing-masing core CPU memiliki 512 KB L2 cache. Diduga frekuensi core untuk rentang chip ValleyView akan mulai dari 1,2 GHz sampai 2,4 GHz. Prosesor ini akan mendukung Intel 64, mengeksekusi disable bit feature dan virtualization.


Seperti generasi lama dari Atom, SoC Valleyview akan mengintegrasikan unit grafis dengan kemampuan video encoding/decoding. GPU akan mendukung empat graphic engine generasi ke-7, yang akan menawarkan kinerja 4x-7x kali lebih baik dari GPU pada seri Atom E600. Selain itu, chip ini akan menggabungkan VXD392 decode engine, dan mendukung akselerasi untuk berbagai format video, termasuk decoding dari VC1/WMV9, MPEG1, MPEG2, MPEG4 dan H.264, dan encoding dari format MPEG2, H.264, dan VP8. Tingkat Decode akan cukup cepat untuk menampilkan video 1080p pada 60 frame per detik, dan decoding akan sebagian besar diturunkan ke GPU, mengambil kurang dari 3% dari sumber daya CPU untuk streaming SD, dan kurang dari 5% untuk streaming HD. Encoding video akan menjadi sedikit lebih lambat, namun itu masih akan cukup cepat untuk video 1080p pada 30 fps. On-chip display controller akan mencakup interface VGA, MIPI DSI, eDP/DP dan HDMI.

CPU Atom ValleyView akan memiliki baik dual maupun single channel memory controller, mendukung memori hingga 8 GB DDR3L-1066 atau 1333, atau LPDDR2-800. Komponen on-chip lainnya akan mencakup Intel HD atau audio rendah daya, camera interface, image coprocessor, PCI-Express 2.0 interface, dan security engine. Sedangkan dukungan interface I/O termasuk SATA 2, USB 2.0/3.0, SDIO, SPI, I2C, I2S dan UART.

Prosesor ini akan diproduksi dalam dua jenis package, 27mm x 25mm Type-3, dan 17mm x 17mm Type-4. Chip Tipe-3 akan mendukung memori DDR3L dual-channel, 2 port SATA, dan Gigabit interface. Ketika dikonfigurasi untuk menjalankan mode single-channel, SoC Type-3 akan mendukung memori ECC. Beberapa bagian dari Tipe-3 akan bekerja dalam rentang suhu yang diperpanjang, dan beberapa SKU akan memenuhi syarat untuk aplikasi auto. Sedangna chip Tipe-4 akan mencakup satu set fitur kekuatan set fitur power optimized, seperti dukungan untuk memori LPDDR2 single channel dan port SATA tunggal, namun akan kehilangan Gigabit interface.


Berdasarkan dokumen yang bocor, prosesor ini akan tersedia di pada kuartal keempat 2013. Prosesor ValleyView yang ditujukan untuk perangkat high-end ini akan menemani SoC Intel SMARTi EU2p yang sebelumnya telah diumumkan yang ditujukan untuk smartphone low-end. Lewat platform software TIZEN yang sejak awal dirancang untuk mendukung baik prosesor berbasis ARM dan x86 untuk perangkat maupun pengembangan aplikasinya (SDK), Intel berharap mereka mulai bisa membangun pasar yang kuat di segmen mobile bersama Samsung mulai tahun depan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar