Selasa, 10 Juli 2012

Samsung akan kenalkan TIZEN di Korea bulan ini


Samsung rencananya akan memperkenalkan platform baru TIZEN kepada publik di Korea saat berlangsungnya W3C HTML5 Day ASIA Conference 2012. Acara yang diselenggarakan oleh W3C Office of Republic of Korea, Open Systems Research, dan ETRI ini akan diadakan di Construction Hall Nonhyeon-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan, pada tanggal 18 Juli mendatang.

W3C HTML5 Day ASIA Conference 2012 diadakan untuk membahas tentang tren, standar teknologi dan isu-isu kunci yang berkaitan dengan HTML5 secara global dan bagaimana menangkap peluang emas yang terdapat didalamnya. Melalui acara ini, tren mobile global dan status dari visi dan standar terkait akan diatur dalam sebuah lokakarya internasional untuk saling berbagi dan mengeksplorasi ke arah pengembangan yang berorientasi masa depan.

Diantara pembicara kunci yang akan memberikan ceramah antara lain Lee Seung-yun dari W3C Office of Republic of Korea, Jeon Jong-hong dari ETRI, dan Dr. Lee Won-suk dari Samsung Electronics. Lee Won-suk akan mengenalkan tentang TIZEN sebagai platform baru yang universal dengan dukungan HTML5. Dalam salah satu sesi acara, Lee akan menjelaskan tentang pengenalan dasar TIZEN, dukungan HTML5 dan rencana maupun status masa depan untuk TIZEN. Selain itu juga akan dibahas isu-isu di Korea Selatan dan bagaimana mengambil keuntungan dari HTML5.

Sebelumnya pemerintah Korea Selatan telah mengumumkan dukungannya untuk TIZEN setelah menilai bahwa platform mobile baru ini adalah solusi yang tepat sebagai alternatif untuk perang paten. Banyak paten nasional dari pemerintah dan teknologi dalam negeri yang terdapat pada OS TIZEN, yang membuat mereka memutuskan untuk mendukung ekosistem Tizen sebagai rencana yang bersifat nasional dan mempromosikan penggunaan HTML5 sebagai mesin revolusi baru untuk perangkat mobile.

Seorang pejabat dari Korea Communications Commission (KCC) sempat mengatakan bahwa mereka siap untuk mendukung rencana kebijakan pemerintah untuk menyebarkan ekosistem TIZEN di negaranya. Untuk itu KCC telah mendirikan sebuah komite untuk mempromosikan penggunaan standar teknologi HTML5 yang terdiri dari para ahli dari berbagai bidang dan manajer dari perusahaan-perusahaan internet. Selain itu KCC juga akan mengadakan kontes untuk layanan aplikasi mobile berbasis HTML5, proyek dukungan menggunakan HTML5 dan mendorong perusahaan di negaranya untuk mengutamakan konten HTML5.

Acara W3C HTML5 Day ASIA Conference 2012 kali ini juga didukung beberapa anggota dari Tizen Association, seperti Samsung Electronics dan SK Telecom sebagai sponsor utama, serta pembicara dari NTT Jepang dalam sesi Asia HTML5 Interest Group (IG).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar