Senin, 04 Juni 2012

Tim Cocos2D-X rilis Cocos2d-html5 untuk pengembangan game berbasis HTML5


Tim Cocos2D-X pada tanggal 28 Mei yang lalu mengumumkan bahwa mereka telah merilis Cocos2d-html5 untuk versi alpha. Ini adalah versi pertama dari Cocos2d-html5 yang sekaligus sekaligus adalah proyek terbaru dari tim Cocos2D-X. Cocos2d adalah framework untuk game 2D yang bersifat free, open source dan cross-platform.

Sebagian besar fungsi dan uji kasus dari Cocos2d-X telah diimplementasikan dalam Cocos2d-html5. Saat ini, Cocos2d-html5 menggunakan kanvas untuk rendering, dengan API yang hampir sama dengan Cocos2d-X dan Cocos2d-iPhone. High level API akan dibungkus dalam tahap berikutnya, yang akan menawarkan interface yang lebih bagus untuk programmer Javascript dan juga akan kompatibel dengan avascript binding dari Cocos2d-x & Cocos2d-iPhone.

Cocos2d-html5 ditulis dalam Javascript untuk web HTML5. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk API berasal dari Cocos2d-X. Untuk itu jika Anda memiliki pengalaman dalam Cocos2d game engines, Anda sudah tahu bagaimana menggunakan Cocos2d-html5. Cocos2d-html5 memiliki dua implementasi menu. Salah satunya adalah menu DOM, dan yang lainnya adalah menu canvas. Menu DOM akan berjalan lebih efisien, namun kelemahannya adalah bahwa semua item menu akan selalu di atas kanvas.

Karena Cocos2D-html5 berdasarkan web, Anda dapat menulis aplikasi Anda pada platform apapun selama Anda memiliki akses ke editor teks, dan karena berbasis web, aplikasi Anda dapat dijalankan pada perangkat apapun yang memiliki akses ke web browser yang mendukung HTML5 atau perangkat yang menggunakan HTML5 sebagai aplikasi aslinya. Sangat mudah dan nyaman, dan itulah sebabnya, "Masa depan terletak pada HTML5".

Meskipun ada kekhawatiran terhadap efisiensi "scripting language", tentu saja itu akan lebih lambat dari C++, tapi teknologi seperti V8 Javascript engine dan hardware accelerated canvas rendering akan membuat pengembangan fame berbasis HTML5 sangat mungkin dibuat. Pada saat ini, hardware yang ada pada ponsel umumnya masih kurang bertenaga untuk menjalankan javascript secara efisien, untuk itu tim Cocos2d-x telah bekerja pada sesuatu yang disebut "Javascript binding for Cocos2d". Ini artinya kode yang sama yang berjalan pada Cocos2d-html5 engine dapat berjalan lancar pada Cocos2d-X dan Cocos2d-iPhone tanpa atau dengan sedikit modifikasi, sehingga game HTML5 yang dibuat dengan Cocos2D-html5 akan memiliki kinerja yang sama cepatnya dengan game-game asli lainnya di ponsel.

Di masa depan, kita akan melihat hardware ponsel menjadi sangat kuat, Anda akan mulai melihat lebih banyak ponsel yang berjalan pada CPU quad core multi-GHz, dengan chip grafis khusus. Ini akan menghidupkan harapan bahwa game HTML5 di ponsel akan sebagus game yang berjalan pada desktop PC.

Lalu bagaimana dengan WebGL? WebGL berarti implementasi OpenGL untuk web, yang berarti akselerasi hardware 3D. Untuk saat ini, WebGL masih belum diterapkan oleh Cocos2d-html5. Namun ketika telah hadir platform mobile untuk smartphone yang telah mengadopsi WebGL sebagai standar seperti misalnya TIZEN dan BlackBerry 10, tim Cocos2D-X berjanji Cocos2d-html5 akan memiliki dukungan WebGL pada versi 2.0. Dan itu berarti Cocos2d-html5 game akan berjalan dengan sempurna dan hanya dibatasi oleh imajinasi dari perancang game itu sendiri.

Anda bisa mengunduh Cocos2d-html5 versi alpha disini. Anda juga dipersilakan untuk menelusuri kode pada github disini. Cocos2D-X untuk platform bada bisa dilihat disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar