Demo WebGL pada smartphone TIZEN


WebGL (Web Graphics Library) adalah JavaScript API untuk rendering grafis 3D berdasarkan OpenGL ES 2.0 tanpa menggunakan plug-in khusus. Program WebGL terdiri dari kode kontrol yang ditulis dalam JavaScript dan kode shader yang dieksekusi oleh Graphics Processing Unit (GPU). WebGL menggunakan elemen kanvas HTML5 dan diakses menggunakan interface Document Object Model, sementara automatic memory management disediakan sebagai bagian dari bahasa pemrograman JavaScript.

WebGL diciptakan oleh Geoff Leach (GL) yang kemudian dikembangkan melalui prototipe 3D canvas oleh Vladimir Vukićević pada tahun 2006. Pada awal 2009, konsorsium teknologi nirlaba Khronos Group memulai suatu kelompok kerja untuk merancang dan memelihara standarisasi WebGL. Versi 1.0 dari spesifikasi WebGL dirilis pada bulan Maret 2011.

WebGL saat ini banyak digunakan untuk membuat konten dan animasi 3D pada aplikasi berbasis web atau HTML5. Perpaduan HTML5 dan WebGL membuat masa depan game di platform software yang mengandalkan aplikasi berbasis web seperti menjadi terlihat sangat menjanjikan. Kita sekarang dapat berharap untuk game 3D yang bisa menyaingi apa yang kita lihat saat ini di konsol dan PC pada perangkat TIZEN, tidak terbatas hanya pada gameplay 2D saja seperti Angry Birds atau Cut the Rope.

Berikut demo WebGL di smartphone TIZEN untuk pengembang:



Comments