Sabtu, 26 Mei 2012

YoYo Games rilis GameMaker: Studio untuk pengembangan game cross-platform berbasis HTML5


YoYo Games pada 22 Mei yang lalu meluncurkan GameMaker: Studio, tool pengembangan game 2D yang cepat dan mudah digunakan. GameMaker: Studio telah dikembangkan dengan kegunaan dan efisiensi pada inti-nya, memungkinkan pengembang untuk membuat game dalam basis kode tunggal dan kemudian menyebarkannya dan menjalankannya secara native di berbagai format termasuk HTML5, Facebook, Android, iOS dan Windows.

GameMaker: Studio menawarkan lingkungan pengembangan yang kuat namun mudah digunakan melalui integrasi drag-and-drop yang telah built-in dengan scripting language yang berorientasi pada game sehingga bisa meningkatkan produktivitas pengembangan game. GameMaker: Studio tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pengembang profesional yang telah berpengalaman dalam membuat game, tapi juga pengembang pemula untuk kelas entry level secara merata.

"GameMaker: Studio adalah evolusi berikutnya dari teknologi GameMaker," kata Russell Kay, chief technology officer di Yoyo Games. "Hampir delapan ribu pengembang telah berpartisipasi dalam GameMaker: Studio beta dan telah berperan dalam membantu kami memberikan tool yang ideal untuk tim pengembangan independen dan profesional."

"Pengguna GameMaker: Studio telah menyadari 80 persen atau lebih keuntungan produktivitas yang diperoleh dibandingkan dengan coding asli," kata Michael Dailly, head of development di YoYo Games. "Prototipe yang berfungsi sepenuhnya dapat dibuat hanya dalam beberapa jam sementara full game akan tersedia di "toko aplikasi" hanya dalam hitungan minggu. Multiple output membuat penyebaran di semua format populer bisa berlangsung secara simultan dan mulus."

GameMaker: Studio mudah terintegrasi dengan berbagai platform dan sistem untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi pengembang. Paket ekstensi dapat ditambahkan ke GameMaker: Studio untuk integrasi jejaring sosial, iklan dan sistem pembayaran diantara fungsi-fungsi lain yang diinginkan.

Harga dasar untuk GameMaker: Studio adalah $99 (termasuk ekspor Windows dan OSX). Untuk ekspor HTML5 dikenakan biaya tambahan $99, sedangkan ekspor iOS dan Android masing-masing dikenakan biaya tambahan $199. Upgrade ke GameMaker: Studio (termasuk ekspor HTML5) untuk pelanggan GameMaker: HTML5 adalah gratis. Biaya lisensi per versi, tidak ada langganan diperlukan. GameMaker: Studio telah tersedia untuk diunduh sekarang juga di www.yoyogames.com.

Beberapa game laris yang dibuat dengan memanfaatkan GameMaker: Studio antara lain Reflexions, They Need to be Fed, Karoshi, Rick O’Shea dan Simply Solitaire untuk berbagai platform dan toko aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar