Minggu, 06 Mei 2012

Samsung WebCL untuk akselerasi GPU pada aplikasi web


WebCL adalah standar web baru yang sedang dirancang oleh Khronos group. WebCL menyediakan binding JavaScript untuk OpenCL, sebuah framework yang memungkinkan software untuk mengalihkan operasi komputasi utama ke GPU. Tujuan utama dari WebCL adalah untuk membawa OpenCL ke platform web, sehingga memungkinkan aplikasi web canggih untuk secara signifikan mempercepat beban kerja komputasi secara intensif.

WebCL akan menawarkan kepada pengembang web sebuah akses untuk daya komputasi yang besar untuk tugas yang berbeda dari grafis 3D, melalui standar coding JavaScript. Beberapa perusahaan yang terlibat sudah membuat beberapa kemajuan, seperti Samsung yang telah menyediakan implementasi WebKit dari WebCL.

"Samsung baru saja mebuka source code sebuah implementasi dari 'WebCL' untuk WebKit. Ini adalah prototipe dari standar WebCL yang bertujuan untuk mendefinisikan JavaScript API untuk OpenCL," kata Kim Gyu-young dari Samsung saat mengumumkan perilisan ini pada pertengahan tahun lalu. "Kami berharap ada umpan balik pada prototipe ini dan bagaimana hal itu dapat lebih terintegrasi dengan WebKit," tambahnya.

Penggunaan WebCL yang mengoptimalkan kinerja GPU akan sangat dibutuhkan untuk pembuatan game yang mencakup akselerasi engine fisik dalam menggunakan WebGL untuk grafis 3D, atau bisa juga digunakan untuk akselerasi hardware saat pengeditan foto atau video dalam format HD agar berjalan dengan mulus dan interaktif.

Untuk menggambarkan potensi keuntungan dari kinerja yang bisa diperoleh pengembang dari WebCL, Samsung menunjukkan bagaimana teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan frame rate dari sebuah simulasi animasi N-body dan Demo Deformasi di web. Sebuah versi dari simulasi yang menggunakan JavaScript konvensional untuk melakukan rendering komputasi untuk kinerjanya hanya berkisar pada 5-6 fps (frame per detik), tapi untuk versi WebCL berkisar antara 78-114 fps.


Kode dari implementasi Samsung WebCL telah didistribusikan dibawah lisensi dari BSD dan dapat diunduh secara gratis disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar