Selasa, 08 Mei 2012

Samsung dan SK Telecom membentuk aliansi Wireless Charging baru dengan nama A4WP


Dua anggota dari Tizen Association, Samsung dan SK Telecom telah bergabung dengan para pemimpin teknologi dunia lainnya untuk membentuk Alliance for Wireless Power (A4WP), yang diumumkan hari ini.

Misi dari organisasi yang dioperasikan secara independen ini adalah untuk mempromosikan standardisasi global untuk teknologi transfer daya secara nirkabel (wireless power) yang menawarkan kebebasan spasial, untuk mengembangkan pengujian, sertifikasi dan proses kepatuhan terhadap peraturan, dan untuk mendorong dialog industri dengan regulator pada pengembangan kebijakan wireless power. Aliansi ini menargetkan konsumen perangkat elektronik yang luas untuk mendirikan sebuah ekosistem dari teknologi wireless charging di seluruh dunia.

A4WP ini akan berfokus pada teknologi wireless power transfer baru yang menyediakan kebebasan spasial untuk pengisian perangkat listrik di mobil, di permukaan meja dan untuk beberapa perangkat secara bersamaan.

Manfaat dari pendekatan wireless power meliputi: desain antena pemancar dan penerima yang mudah diimplementasikan, sistem kontrol wireless power yang sederhana, dan kemampuan untuk mentransfer daya melalui permukaan non-logam. A4WP mengharapkan untuk mencapai kemampuan ini tanpa perlu repeater multi koil yang mahal, yang dibutuhkan untuk sistem lain. Sebuah spesifikasi tunggal diharapkan akan menjadi solusi dari pengisian simultan dari beberapa perangkat mulai dari produk yang berdaya sangat rendah, seperti headset Bluetooth, hingga tablet tercanggih saat ini.

A4WP ini terbuka untuk anggota baru dan menyambut partisipasi dari vendor di semua segmen dari ekosistem yang potensial, termasuk: perangkat genggam, elektronik, produk semikonduktor, otomotif, furnitur, peralatan uji, operator selular, dan ritel.

Menurut perusahaan analis IMS Research, pengiriman perangkat yang memiliki fitur wireless charging diproyeksikan akan melampaui 100 juta pada tahun 2015.

Jason dePreaux, seorang manajer di IMS Research mengatakan, "Wireless power memiliki potensi untuk meningkatkan kenyamanan dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam perangkat konsumen seperti ponsel melalui proses charging yang untethering. Untuk mewujudkan keuntungan ini, infrastruktur listrik nirkabel harus digunakan untuk mengaktifkan poin wireless charging di rumah, di tempat kerja, atau saat bepergian tanpa peduli dengan kompatibilitas. Aliansi industri akan memainkan peran penting dalam membangun infrastruktur ini."

"A4WP akan mempercepat komersialisasi teknologi ini dan akan memberikan kontribusi untuk memperluas pasarnya. Sebagai anggota dari pendiri A4WP, Samsung berkomitmen untuk mendukung standardisasi teknologi wireless charging untuk meningkatkan kebebasan spasial, memberikan kontribusi bagi ekosistem, dan menjelajahi kemungkinan dari berbagai layanan," kata Wakil Presiden Eksekutif KiHo Kim, kepala dari Digital Media & Communications R&D Center untuk Samsung Electronics.

Wakil Presiden Senior dari Network Technology R&D Center SK Telecom, Jong Ryeol Kang, menyatakan: "Kami percaya teknologi wireless charging akan menjadi cara yang paling umum untuk pengisian daya pada perangkat mobile dalam waktu dekat. SK Telecom terus menyelidiki teknologi baru dan inovatif untuk meningkatkan mobile life dan percaya dengan jalan yang jelas menuju implementasi spesifikasi A4WP, adalah jalan ke depan."

Selain Samsung dan SK Telecom, angota lain dari pendiri A4WP adalah Qualcomm, Ever Win Industries, Gill Industries, Peiker Acustic, dan Powermat Technologies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar