Sabtu, 26 Mei 2012

Perbandingan kinerja dan fitur HTML5 di semua OS utama


Sebelumnya IDC mencatat bahwa 79% dari pengembang aplikasi mobile yang mereka survei berencana untuk mengintegrasikan HTML5 di aplikasi mereka dan akan meluncurkannya pada tahun 2012. Sementara  Sencha memperkirakan bahwa pada tahun 2014, 50% dari aplikasi mobile enterprise akan berbasis HTML5 dan 30% adalah gabungan dari aplikasi asli dan HTML5. OS baru juga bermunculan yang hampir semuanya mendasarkan aplikasi pada HTML5, seperti Mozilla Boot 2 Gecko dan Tizen. Tidak ketinggalan OS lama seperti Google Android, Apple iOS, Microsoft Windows 8/Windows Phone, dan RIM BlackBerry juga memberikan dukungan baru untuk aplikasi berbasis HTML5. Jadi hampir bisa dipastikan bahwa masa depan ekosistem aplikasi akan bergantung pada HTML5 dibanding lainnya.

Tapi apakah kinerja dan fitur HTML5 di semua OS itu sama?

Berikut spesifikasi dari aplikasi HTML5 yang berjalan di berbagai platform software utama.


Berikut perbandingan skor untuk menilai kinerja HTML5 di masing-masing OS yang didasarkan pada pengujian lewat HTML5Test dan Ringmark, dua pengujian HTML5 standar yang ada saat ini.


WebGL adalah standar web cross-platform dan bebas royalti untuk low-level 3D graphics API berdasarkan OpenGL ES 2.0, terekspos melalui elemen HTML5 Canvas sebagai Document Object Model interfaces. Dengan WebGL pengembang bisa membuat aplikasi atau game 3D yang memanfaatkan GPU dari perangkat yang didukungnya dengan kualitas yang tidak kalah dengan PC atau konsol gaming lainnya. Dan berdasarkan data berikut, tidak semua platform software yang mendukung HTML5 juga mendukung WebGL.


PhoneGap (yang sering disebut dengan nama Apache Callback, tapi sekarang Apache Cordova) adalah kerangka pengembangan aplikasi mobile open source yang dikembangkan oleh Adobe Systems. PhoneGap memungkinkan pengembang software untuk membuat aplikasi untuk perangkat mobile menggunakan JavaScript, HTML5 dan CSS3. Dengan menggunakan PhoneGap, pengembang dapat menulis aplikasi mereka sekali dan menyebarkannya ke beberapa platform mobile utama dan toko aplikasi, termasuk Apple iOS, Android, BlackBerry, WebOS, Samsung bada, Tizen dan Symbian. Dan berdasarkan data berikut, belum semua platform software yang mendukung HTML5 juga mendukung PhoneGap.


Dari berbagai perbandingan data diatas bisa diambil kesimpulan bahwa kinerja HTML5 pada OS Tizen dan BlackBerry 10 setara dengan kinerja HTML5 pada Desktop PC. Begitu juga dengan fiturnya yang sudah dilengkapi emulator untuk aplikasi HTML5 dan didukung oleh PhoneGap akan memudahkan pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi untuk Tizen dan BlackBerry 10. Dukungan WebGL pada Tizen dan BlackBerry 10 menjadikan kedua OS mobile ini mampu menjalankan game-game tiga dimensi yang bisa memaksimalkan akselerasi grafis dari hardware yang didukungnya seperti juga pada browser Opera untuk Desktop.


Grafik data via Akira Sasaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar