Jumat, 11 Mei 2012

OpenMobile hadirkan 400 ribu aplikasi Android di perangkat Tizen


OpenMobile, salah satu perusahaan software yang menjadi sponsor dari Tizen Developer Conference 2012 kemarin, menunjukkan aplikasi Android yang bisa berjalan dengan mulus di perangkat Tizen. Lewat software yang diberi nama Application Compatibility Layer (ACL) yang diluncurkan pada awal Januari yang lalu, OpenMobile mengklaim bisa menghadirkan semua aplikasi Android di semua perangkat Tizen, termasuk smartphone dan tablet.

Sama seperti yang dilakukan oleh RIM dengan Playbook miliknya, OpenMobile saat di Tizen Developer Conference 2012 mendemonstrasikan kemampuan software layer miliknya untuk menjalankan beberapa aplikasi Android pada tablet ExoPC yang berjalan pada OS Tizen yang bisa Anda lihat sendiri dibawah. Sebelumnya tablet ini juga digunakan untuk menunjukkan tampilan OS Tizen untuk sistem IVI. Dan memang terlihat aplikasi Android bisa berjalan dengan tingkat kompatibilitas dan responsivitas yang sama seperti ketika berjalan di perangkat Android aslinya.


OpenMobile didirikan oleh Robert Angelo, seorang ahli serial dalam kompatibilitas. Setelah bertanggung jawab atas tim yang membuka IBM PC compatibility clone world di Phoenix Technologies Ltd, Mr Angelo kemudian terjun ke pasar kompatibilitas laptop/notebook dengan OEM di Systemsoft. Mengambil semangat yang sama untuk kompatibilitas ke langkah berikutnya dengan menangani perangkat konsumen dan pasar embedded, kemudian diciptakan OpenMobile dan teknologi ACL yang menarik.

Sejak tahun 2010, OpenMobile telah aktif mengembangkan teknologi ACL™ untuk vendor hardware. Teknologi ini memungkinkan pengguna perangkat mobile dan vendor hardware untuk menerobos hambatan ketersediaan aplikasi dan memulai semua perangkat mereka dengan ekosistem aplikasi yang kuat. Jadi nantinya terserah kepada konsumen pengguna perangkat Tizen atau vendor Tizen untuk memodifikasi perangkat mereka agar bisa menjalankan software layer ACL.


Perangkat Tizen nantinya akan didukung aplikasi HTML5, sebuah platform aplikasi yang diyakini akan berjaya di masa depan karena bisa berjalan secara cross-platform di semua perangkat dengan sama baiknya serta telah didukung oleh sebagian besar pengembang aplikasi. Namun sebagai pengguna awal perangkat Tizen, Anda tentunya langsung menginginkan pilihan aplikasi yang melimpah sehingga software ACL dari OpenMobile ini bisa menjadi salah satu solusinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar