Selasa, 15 Mei 2012

IDC: 79% pengembang akan meluncurkan aplikasi HTML5 di 2012


International Data Corporation (IDC), seperti terlihat dalam Infographic dibawah, mencatat bahwa 79% dari pengembang aplikasi mobile yang mereka survei berencana untuk mengintegrasikan HTML5 di aplikasi mereka dan akan meluncurkannya pada tahun 2012. Mereka juga mencatat bahwa akan ada lebih dari 1 miliar browser ponsel berbasis HTML5 di pasar pada tahun 2013, dan lebih dari 80% dari semua aplikasi yang dibuat untuk perangkat mobile akan seluruhnya atau sebagian didasarkan pada HTML5 di tahun 2015.

Infographic ini diharapkan dapat menjadi yang pertama dalam serangkaian pembaruan yang menetapkan pengembangan HTML5 mobile dalam konteks yang lebih luas dari Core Mobile Web Platform Community (Coremob). Coremob adalah forum untuk pengembang mobile global dan komunitas IT untuk fokus dan mempercepat evolusi Mobile Web sebagai platform yang menarik untuk pengembangan aplikasi web mobile yang modern. Coremob diumumkan di Mobile World Congress pada Februari 2012.

Infographic ini juga menyoroti kemampuan HTML5 pada browser ponsel saat ini dalam mendukung jenis kunci dari aplikasi mobile, dengan perkiraan titik data yang dikembangkan bersama oleh IDC dan Facebook. Poin data dari kemampuan browser mobile yang pada gilirannya diukur dengan Ringmark, rangkaian pengujian browser mobile dari kemampuan inti browser, akan bisa digunakan oleh pengembang untuk membangun aplikasi mobile HTML5. Dikembangkan untuk mendukung Coremob, Ringmark bersifat open source dan tersedia gratis untuk siapa saja untuk digunakan.

James Pearce, Kepala Relasi Pengembang Mobile dari Facebook, sedang menunjukkan Ringmark yang berjalan sempurna di smartphone Tizen saat Tizen Developer Conference 2012.

"HTML5 adalah salah satu area yang paling cepat berkembang dan yang paling penting dari inovasi aplikasi mobile. Ringmark pada gilirannya merupakan tool penting yang memberikan pengembang aplikasi mobile sebuah kemampuan untuk menguji seberapa baik browser mobile yang berbeda mendukung fungsionalitas aplikasi kunci, dan memungkinkan pengembang untuk menyusun strategi dan kode yang sesuai," kata Scott Ellison, wakil presiden bagian Mobile & Connected Consumer Platforms di IDC. "Coremob dan Ringmark juga akan memberikan penyedia mobile browser, dan industri IT, sebuah wawasan berharga bagaimana untuk lebih mengembangkan kemampuan browser mobile HTML5 untuk mempercepat pertumbuhan dari ledakan ruang aplikasi mobile."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar