Selasa, 03 April 2012

Samsung diprediksi menguasai pasar smartphone di 2012, Huawei masuk tiga besar


Berdasarkan pandangan bulanannya terhadap industri nirkabel, analis teknologi Michael Walkley dari Canaccord Genuity mencatat bahwa Samsung dan Apple akan terus melakukan konsolidasi untuk berbagi dengan penjualan handset mereka setelah mengawali awal yang lambat untuk 2012. Samsung Electronics diprediksi akan mempertahankan posisi teratas di pasar smartphone global tahun ini, mengalahkan pesaing utamanya Apple dalam hal pangsa pasar.

Michael Walkley mengatakan: "Penelitian global kami juga menunjukkan kenaikan pangsa pasar yang kuat per-kuartal lagi untuk Samsung, khususnya di Eropa dan Asia. Bahkan, kami percaya portofolio yang kuat dari smartphone Samsung di semua tingkatan harga akan mengakibatkan pengiriman smartphone Samsung meningkat 15%-plus yang luar biasa secara berurutan selama musim yang lemah di kuartal Maret."

Seperti dikutip oleh Forbes, Walkley kemudian menambahkan, "...kami percaya luasnya cakupan Samsung untuk SKU dan poin harga telah menghasilkan kenaikan pangsa dalam pasar smartphone pra-bayar yang sedang tumbuh."

Samsung mengambil pangsa 28,2 persen di pasar smartphone global pada kuartal pertama (Q1) tahun ini dengan menjual sebanyak 41 juta unit smartphone, dan Apple menguasai 22,4 persen pangsa pasar dengan menjual 32,6 juta smartphone. Untuk yang lainnya Nokia (8,6 persen), Research In Motion/RIM (7,6 persen), Huawei (5,8 persen), dan HTC (4,5 persen).

Dan yang mengejutkan, vendor asal China Huawei hingga akhir 2012 diprediksi akan menjadi yang terbesar ketiga dengan menggeser nama-nama besar seperti Nokia, HTC maupun RIM. Pada 28 Februari yang lalu, Huawei bergabung dalam Tizen Association Board of Directors, bersama-sama dengan Samsung, Panasonic, Intel dan perusahaan lainnya untuk bersama-sama mengembangkan platform mobile open source Tizen.


Walkley juga mengatakan kalau gabungan penjualan smartphone di Q1 tahun ini melonjak 43,8 persen dari tahun sebelumnya. Namun, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya saat terjadinya ledakan permintaan pada saat musim belanja akhir tahun, penjualan smartphone mengalami penurunan 8,3 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar