Rabu, 14 Maret 2012

Porting PhoneGap ke Tizen sedang dalam pengerjaan


Kabar gembira buat masa depan ketersediaan aplikasi untuk perangkat Tizen karena tool pengembangan aplikasi PhoneGap sekarang sedang dalam pengerjaan untuk diporting ke Tizen lewat Cordova Tizen, setelah sebelumnya sukses untuk bada. Dengan adanya dukungan PhoneGap, banyak pengembang akan dimudahkan dalam pengembangan aplikasi untuk Tizen.

PhoneGap (yang sering disebut dengan nama Apache Callback, tapi sekarang Apache Cordova) adalah kerangka pengembangan aplikasi mobile open source yang dikembangkan oleh Adobe Systems . PhoneGap memungkinkan pengembang software untuk membuat aplikasi untuk perangkat mobile menggunakan JavaScript, HTML5 dan CSS3. Dengan menggunakan PhoneGap, pengembang dapat menulis aplikasi mereka sekali dan menyebarkannya ke beberapa platform mobile utama dan toko aplikasi, termasuk Apple iOS, Android, BlackBerry, WebOS, Samsung bada dan Symbian.

OS Tizen secara mendasar telah mendefinisikan sebuah API untuk pengembangan aplikasi Web. Web API pada Tizen secara efektif mengimplementasikan penggunaan dari HTML5, W3C dan spesifikasi web/mobile lainnya sehingga pengembang aplikasi dapat membuat aplikasi asli untuk Tizen dengan menggunakan teknologi web (HTML/JavaScript/CSS). Jadi pada dasarnya tujuan pengembangan aplikasi di Tizen dan PhoneGap hampir sama.

Cordova Tizen sendiri adalah web kerangka aplikasi yang memungkinkan pengembang untuk membangun dan menjalankan aplikasi web Cordova (PhoneGap) pada Tizen. Porting Cordova untuk tizen dilakukan berkat JS wrapper (shim layer) yang sederhana yang bisa melakukan pemetaan Cordova Web API ke Tizen Web API.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar