Kamis, 16 Februari 2012

Tizen untuk in-vehicle infotainment


Tizen merupakan sistem operasi open source, berbasis platform software untuk beberapa kategori perangkat, termasuk smartphone, tablet, netbook, perangkat infotainment di dalam kendaraan (in-vehicle infotainment), Smart TV, dan banyak lagi. Dari dari deretan perangkat yang didukung oleh Tizen, mungkin yang terdengar kurang akrab adalah in-vehicle infotainment.

Istilah "in-vehicle infotainment" atau "IVI​​" adalah kumpulan hardware yang terinstal di dalam mobile atau kendaraan untuk menghadirkan sistem informasi dan hiburan yang terintegrasi buat pengguna mobil atau kendaraan. Penggunaan in-vehicle infotainment memiliki keuntungan bisa mengurangi biaya perangkat seperti layar LCD/monitor, dan mengurangi biaya yang dibebankan kepada konsumen untuk penggunaan teknologi konvergensi dan multimedia pada kendaraan atau mobil.

Fitur dan aplikasi pada in-vehicle infotainment biasanya meliputi:
  • Media hiburan (film, game, TV, internet, jejaring sosial, dll)
  • Layanan navigasi(SatNav/GPS)
  • Audio (Radio, CD player, dll)
  • Layanan berbasis lokasi (Location-based services/LBS) dan GPS/A-GPS
  • Konektivitas internal ke perangkat mobile
  • Komunikasi eksternal

Intel selama ini telah menggunakan prosesor Intel® Atom™ untuk solusi in-vehicle infotainment yang memungkinkan pengembang untuk membuat platform tunggal untuk hardware dan software yang memiliki keuntungan dalam mengurangi biaya pengembangan, menyederhanakan kompleksitas desain, kecepatan waktu untuk tersedia ke pasar, memungkinkan lebih banyak pilihan dan inovasi dalam software, dan penyederhanakan proses upgrade produk.

Lewat platform mobile open source Tizen, proses integrasi dalam software dan hardware untuk in-vehicle infotainment menjadi semakin luas karena semakin banyaknya kesempatan yang terbuka untuk pengembang hardware dan software untuk mengimplementasikannya dalam produk mereka. Pengguna juga diuntungkan lewat adanya sistem konvergensi dan ekosistem yang lebih luas untuk produk-produk yang menemani kehidupan mereka sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar