Kamis, 23 Februari 2012

Mozilla buka toko aplikasi HTML5 di MWC 2012


Mozilla hari ini mengumumkan bahwa toko aplikasi Mozilla Marketplace akan terbuka bagi pengembang untuk mengajukan aplikasi Web di Mobile World Congress (MWC) 2012. Dengan membangun teknologi web terbuka seperti HTML5 dan Mozilla API, Mozilla Marketplace akan memungkinkan pengembang untuk menulis satu aplikasi yang bisa berjalan di berbagai perangkat dan platform. Sebagai bagian dari misi Mozilla untuk menjaga Web terbuka dan menempatkan pengguna sebagai pengontrol dari pengalaman Web mereka, pengguna dapat membeli aplikasi sekali dan menggunakannya pada setiap perangkat yang mendukung HTML5.

"Web adalah platform terbesar di dunia. Kita akan memungkinkan Web untuk menjadi toko aplikasi, memberikan pengembang kesempatan untuk bermain di lapangan bermain yang terbesar yang bisa dibayangkan," kata Todd Simpson, Kepala bagian inovasi dari Mozilla. "Dengan membangun bagian yang hilang, Mozilla kini membuka potensi Web untuk menjadi platform untuk membuat dan mengkonsumsi konten mana-mana."

Mozilla Marketplace memungkinkan pengembang untuk membuat dan mendistribusikan aplikasi yang bekerja di perangkat dan sistem operasi (OS) berbasis HTML5 . Mozilla memajukan Web sebagai platform dan menutup kesenjangan teknologi antara Web dan aplikasi asli, membuat API baru dan menempatkan pengembang untuk bisa mengendalikan setiap aspek dari pengalaman untuk aplikasi - dari interaksi pengembangan yang mudah dan distribusi ke konsumen secara langsung.

Platform aplikasi Web dari Mozilla  memberikan koneksi langsung kepada pemilik konten, operator dan penyedia layanan kepada pelanggan mereka dan kemungkinan tak terbatas untuk interaksi konsumen dan pengalaman yang telah disesuaikan, sementara juga bisa menikmati pilihan penagihan yang terbuka dan fleksibel. Dan lagi, sifat platform yang "write once, deploy everywhere" secara besar-besaran akan mengurangi biaya untuk pengembangan, versioning dan pemeliharaan aplikasi, memungkinkan untuk benar-benar terbuka, sebuah standar kemajuan berbasis Web untuk kesempatan dan inovasi buat semuanya.

Platform aplikasi Web Mozilla akan menampilkan:
  • Mozilla Marketplace, sistem operasi dan toko aplikasi perangkat independen pertama untuk aplikasi berbasis teknologi web terbuka seperti HTML5, JavaScript dan CSS.
  • Mozilla API baru yang memajukan Web sebagai platform dan akan diserahkan kepada W3C untuk standardisasi.
  • Sebuah sistem identitas baru untuk Web yang menempatkan pengguna sebagai pengendali dari konten mereka, mengikat aplikasi untuk pengguna dan bukan pada perangkat atau platform.

Mozilla Marketplace akan terbuka bagi pengembang untuk menyerahkan aplikasi Web mereka di Mobile World Congress minggu depan dan akan terbuka untuk konsumen pada akhir tahun ini. Mozilla Marketplace akan menampilkan aplikasi dalam kategori game, media, musik, produktivitas dan banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar