Senin, 06 Februari 2012

Komunitas Tizen hadir untuk semua


Tizen adalah sistem operasi mobile yang bersifat free dan open source. Artinya setiap orang memiliki hak untuk menggunakannya, menyalin, mempelajari, mengubah, dan memperbaiki desainnya melalui ketersediaan source code yang dimilikinya. Tizen dimiliki dan dikembangkan oleh Linux Foundation, LiMo Foundation, Intel, Samsung, dan Tizen Community. Anda mungkin sudah jelas untuk empat yang pertama, lalu siapakah Tizen Community?

Menurut situs resminya, Tizen Community terdiri dari semua orang yang secara bersama-sama bekerja pada atau dengan Tizen, yang meliputi:
  • Kontributor Produk: pengembang kernel/distribusi, manajer perilisan, penjamin kualitas (QA), lokalisasi, dll
  • Pengembang Aplikasi: orang yang membuat aplikasi yang berjalan di perangkat Tizen
  • Pengguna: orang yang menjalankan OS Tizen pada perangkat mereka dan bisa memberikan umpan balik
  • Vendor: perusahaan yang membuat produk berdasarkan OS Tizen
  • Kontributor lainnya: bagian promosi, dokumentasi, dan lainnya

Sedangkan kontribusi yang bisa diberikan untuk Tizen bisa meliputi:
  • Mengirimkan patch
  • Pengajuan bug
  • Mendokumentasikan Fitur yang diminta
  • Mengembangkan aplikasi
  • Membantu dengan wiki documentation
  • Berpartisipasi dalam upaya dan program community lainnya

Di Tizen semua orang bisa berpartisipasi dalam komunitas termasuk pengguna yang bisa mengirimkan umpan balik bila menemukan bug yang sekiranya mengganggu dan juga bisa mengajukan fitur-fitur yang diinginkan untuk perangkat mereka. Disamping juga vendor hardware, pengembang aplikasi, operator seluler dan pihak lain yang bekerja untuk Tizen juga ikut dilibatkan agar semua keinginan bisa diakomodasi dengan baik untuk kepentingan dan keuntungan bersama.

Sedangkan keanggotaan dalam tim proyek utama (Release Engineering, QA, Manajemen Program, dll) hanya buat mereka yang telah diundang secara resmi (invite-only) dan terutama akan terbuka untuk orang-orang di perusahaan yang sedang membangun produk berdasarkan Tizen. Namun, Community Office, Localization dan tim pengembangan beberapa Middleware akan terbuka untuk partisipasi dari pihak luar secara merit.

Untuk bisa berpartisipasi, pihak Linux Foundation telah menyediakan banyak saluran diskusi dan juga jejaring sosial agar bisa selalu terhubung dengan informasi terkini dan mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi secepat mungkin. Untuk diskusi bisa memanfaatkan mailing list, atau bisa lewat IRC (IRC logs) bila ingin real-time saat itu juga. Untuk informasi terbaru dan pertanyaan ringan bisa diikuti lewat blog, Twitter, Google+, dan Facebook. Pihak Linux Foundation juga menjanjikan hadirnya tools untuk wiki documentation dan saluran lainnya dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar