Jumat, 27 Januari 2012

Intel borong paten software codec video generasi berikutnya dari RealNetworks


SEATTLE, Amerika Serikat, 26 Januari 2012 - RealNetworks, Inc hari ini mengumumkan bahwa pihaknya telah menandatangani kesepakatan untuk menjual sejumlah besar paten dan generasi berikutnya dari software codec video kepada Intel Corporation dengan harga pembelian $ 120 juta. Berdasarkan ketentuan dari penjualan, RealNetworks masih bisa mempertahankan hak-hak tertentu untuk terus menggunakan paten mereka dalam produk saat ini dan masa depan.

"Penjualan paten ini kepada Intel membuka beberapa nilai substansial dan belum terealisasi dari aset RealNetworks," kata Thomas Nielsen, Presiden dan CEO dari RealNetworks. "Ini merupakan kesempatan luar biasa bagi kita untuk menghasilkan tambahan modal untuk meningkatkan investasi di bisnis dan pasar baru sementara masih bisa melindungi bisnis kami yang ada.

"RealNetworks senang Intel telah setuju untuk mengakuisisi generasi penerus software video codec kita dan tim," kata Nielsen. "Intel memiliki reputasi yang kuat sebagai inovator teknologi, dan kami percaya mereka posisi yang baik untuk membangun pekerjaan pembangunan dan investasi yang kami buat di daerah ini."

"Sebagai industri teknologi berkembang yang menuju kearah model yang berpusat pada pengalaman pengguna, pengguna menuntut kapabilitas media dan grafis yang lebih maju dalam perangkat komputasi mereka. Akuisisi ini mencakup paten media yang mendasar, hak paten tambahan dan software codec video yang akan memperluas portofolio dari kekayaan intelektual Intel menjadi lebih luas dan beragam," kata Renee James, wakil presiden senior dan general manager dari Software dan Services Group dari Intel. "Kami percaya kesepakatan ini meningkatkan kemampuan kami untuk terus menawarkan pengalaman yang lebih kaya dan solusi inovatif kepada pengguna akhir di seluruh spektrum yang luas dari perangkat, termasuk melalui perangkat Ultrabook, smartphone dan media digital."

Selain penjualan paten dan software codec video generasi yang akan datang, RealNetworks dan Intel juga menandatangani nota kesepahaman untuk berkolaborasi pada dukungan masa depan dan pengembangan software codec video generasi berikutnya beserta produk yang terkait.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Intel untuk mendukung pengembangan software codec video generasi mendatang dan memperluas hubungan kami dalam produk dan pasar baru," kata Nielsen.

RealNetworks tidak mengantisipasi bahwa penjualan sekitar 190 paten dan 170 aplikasi paten serta software codec video generasi berikutnya akan memiliki dampak material pada bisnis tersebut. Bisnis RealNetworks meliputi berbagai macam produk SaaS dan layanan yang diberikan kepada operator global, RealPlayer, platform media streaming Helix, GameHouse online dan game sosial, SuperPass dan media lainnya yang berhubungan dengan produk dan jasa yang dijual baik secara langsung ke konsumen atau melalui mitra mereka.

Namun ini merupakan berita gembira buat penggemar Tizen karena sebagai pendukung utama dari platform Tizen, Intel tentunya juga akan menghadirkan layanan video terbaik buat pengguna Tizen dimasa yang akan datang. Dengan bertambahnya paten dari perusahaan-perusahaan pendukung Tizen juga akan menghilangkan kekhawatiran akan bernasib sama seperti Google Android yang menjadi sasaran tuntutan terkait pelanggaran paten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar