Selasa, 24 Januari 2012

Bangkitnya game-game berbasis HTML5


Tahun-tahun belakangan ini merupakan tahun yang sangat menjanjikan untuk game HTML5 dan JavaScript, baik bagi konsumen dan pengembang. Beberapa platform berbasis web telah mulai matang dan menyatu dalam hal teknologi yang dibutuhkan untuk game ini, kuantitas game HTML5 di beberapa toko aplikasi dan portal jejaring sosial juga semakin meningkat setiap hari, studio game besar mulai menunjukkan ketertarikannya, dan kualitas game secara umum terus meningkat pada level yang nyata. Semua ini berpadu dengan kegelisahan seputar masa depan Flash dan adanya kesadaran bahwa platform yang sekarang ini tidak lagi mempunyai masa depan yang cerah. Game berbasis HTML5 hadir sebagai solusi yang aman dan nyata.

Dan yang lebih menarik dari semua itu adalah potensi HTML5 sebagai platform game yang serius. Ya, pengembang HTML5 sekarang telah memiliki kemampuan ini untuk membuat game 2D yang keren dengan elemen kanvas, dan bahkan game dengan visualisasi 3D yang menakjubkan lewat WebGL. Dan yang paling menggairahkan adalah segera masuknya teknologi penunjang untuk pengalaman konsol gaming yang sebenarnya; seperti hadirnya Gamepad API (Applications Programming Interface), Mouse Lock API, dan Full Screen API. Ini adalah teknologi sederhana yang akan membantu menghancurkan persepsi luas bahwa game berbasis HTML5 adalah game-game standar yang biasa Anda mainkan dalam situs web. Dengan kemampuan untuk menghubungkan kontroler gamepad dan memungkinkan elemen HTML5 untuk dijalankan pada layar penuh, game HTML5 akan memberikan pengalaman gaming yang jauh lebih mendalam, seperti pada konsol dan desktop PC.

Berikut ini adalah contoh dari beberapa game berbasis HTML5 yang ada saat ini:

Angry Birds

Siapa yang tidak tahu game populer yang ada di hampir semua platform ini. Ceritanya berkisar pada sekelompok burung yang marah kepada sekelompok babi yang telah mencuri telurnya. Anda harus merobohkan bangunan dan penghalang sebanyak mungkin agar bisa membunuh babinya. Game ini menggunakan WebGL untuk akselerasi grafis 2D yang digunakan.


Fieldrunners

Ini adalah porting dari game yang awalnya dibuat untuk Apple iOS, sama seperti halnya Angry Birds. Fieldrunners adalah game tower defence tradisional di mana Anda harus menjalankan strategis untuk membela tempat Anda dari gerombolan musuh yang menyerang. Game ini menggunakan WebGL untuk akselerasi grafis 2D yang digunakan.


Bejeweled

Bejeweled adalah contoh yang bagus dari sebuah game yang sukses di berbagai platform proprietary yang diporting ke versi HTML5. Gameplay dan efek yang halus benar-benar membuat game ini menonjol, dan Anda pasti akan mengira bahwa game ini dihasilkan oleh sebuah studio game besar. Game besutan PopCap ini menggunakan WebGL untuk akselerasi grafis 2D.


Tankworld

Tankworld adalah game 3D di mana Anda mengendarai tank menjelajah seluruh wilayah dan menembaki semua musuh yang Anda lihat. Game ini benar-benar telah mengeksplorasi dunia 3D kecil yang diterapkan dengan baik yang membuat game ini menyenangkan untuk dimainkan. Anda bahkan dapat membangun level 3D sendiri pada game ini yang juga dapat dimainkan orang lain. Game ini menggunakan kanvas HTML5 untuk membentuk grafis 3D.


GT Racing: Motor Academy

GT Racing: Motor Academy adalah game 3D berbasis HTML5 pertama dari pengembang besar Gameloft. Game bergenre racing ini secara grafis, sound dan gameplay tidak kalah dengan versi HD yang dirilis sebelumnya pada iPhone dan smartphone bada.


SKiD Racer

Ini juga salah satu game racing 3D yang revolusioner yang berbasis HTML5. Dibuat berdasarkan OpenGL ES 2.0 yang menawarkan rute langsung ke API grafis 3D, termasuk dukungan shader melalui GLSL, serta WebGL untuk akselerasi GPU.


Dari beberapa contoh game-game HTML5 diatas menunjukkan adanya keragaman dan kualitas dari apa yang tersedia saat ini. Apa yang dapat kita yakin adalah bahwa 2012 akan menjadi tahun yang menjanjikan untuk kategori game, kualitas akan meningkat sebagaimana HTML5 mulai menuju kematangan sebagai platform masa depan. Dan tentu saja ini adalah berita gembira untuk platform mobile Tizen yang mengandalkan aplikasi yang berbasis HTML5.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar