Jumat, 16 Desember 2011

Intel ciptakan divisi mobile baru untuk smartphone dan tablet


Intel pada hari Kamis (15/12) kemarin mengkonfirmasi akan mereorganisasi unit bisnis mobile-nya untuk membuat divisi Mobile Communications Group (MCG) yang akan fokus pada bisnis ponsel, tablet dan perangkat mobile lainnya.

Intel telah mengeluarkan memo internal pada hari Rabu (14/12) untuk mengumumkan perubahan organisasi, dan mengatakan bahwa MCG adalah bagian dari upaya untuk membangun inisiatif R&D (Research & Development) untuk smartphone dan tablet. Grup baru ini akan menggabungkan mantan unit komunikasi mobile dari Intel, Netbook dan Tablet, Mobile Wireless, dan Ultra Mobility.

"Kelompok baru ini dipimpin oleh Mike Bell, yang sebelumnya telah menghabiskan waktunya selama bertahun-tahun di Apple, termasuk bekerja pada iPhone. Yang terakhir Mike bekerja di Palm sebelum bergabung dengan Intel," kata juru bicara Intel Robert Manetta. "Co-leader lainnya dari grup ini adalah Hermann Eul, yang telah menghabiskan waktunya bertahun-tahun sebagai seorang eksekutif dalam industri komunikasi nirkabel; Hermann bergabung dengan Intel pada bulan Januari tahun ini ketika kami tlah menyelesaikan proses akuisisi bisnis komunikasi mobile dari Infineon. Kami sangat gembira bisa memiliki eksekutif dengan pengalaman mendalam di perangkat mobile terkemuka seperti dia di grup baru ini."

Manetta mengatakan bahwa tujuan dari reorganisasi ini adalah untuk mempercepat dan meningkatkan pembangunan perangkat mobile berbasis Intel dan untuk mengambil keuntungan penuh dari keahlian perangkat mobile yang ditawarkan oleh Bell dan Hermann.

Intel masih mempertahankan warisan sebagai pembuat chip terbesar di dunia, memegang sekitar 80 persen dari pasar global. Sementara mereka juga melaporkan pendapatan yang sehat untuk PC dan Server pasar setiap kuartal, tapi masih saja belum mendapatkan traksi yang signifikan dalam ruang mobilitas, di mana perusahaan chip pesaing mereka ARM Holdings terus mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dengan chip berdaya rendah terus terdorong untuk dicari perangkat mobile seperti Apple iPhone dan iPad, ARM percaya diri dalam kemampuannya untuk mendominasi pasar mobile selama beberapa tahun mendatang. Tudor Brown, presiden ARM, awal tahun ini mengatakan bahwa ARM akan mendominasi pasar perangkat mobile dan menjadi ancaman buat Intel.

"ARM telah ... well, tidak mendominasi secara total, tapi kehadirannya cukup kuat di sini, di ruang perangkat mobile," kata Brown. "Dan sekarang Intel jelas mengatakan juga hadir ke pasar perangkat mobile, seperti yang kami katakan, 'Tidak, saya tidak berpikir begitu'."

Dengan kehadiran yang kuat, Intel tampaknya mengambil langkah untuk usaha-usaha R&D dalam ruang tablet dan smartphone dengan harapan memberikan perlawanan kepada ARM. Selain MCG, Intel Rabu (14/12) kemarin juga mengumumkan perjanjian dengan vendor near field communication (NFC), dengan Secure didalamnya, yang akan memungkinkan unit mobilitas pembuat chip untuk memanfaatkan solusi Secure NFC didalam chip sendiri. NFC adalah teknologi berbasis standar yang memungkinkan pengguna smartphone untuk melakukan transaksi keuangan atau pembayaran secara aman dengan hanya menekan atau berada di dekat perangkat mobile atau perangkat penerima.

Via CRN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar