Jumat, 30 September 2011

Intel akuisisi layanan navigasi Telmap demi TIZEN


Intel akan melakukan update besar untuk rencana mereka masuk pasar mobile minggu ini, termasuk pengumuman bahwa mereka telah mengakuisisi Telmap, sebuah perusahaan layanan berbasis lokasi asal Israel. Pada sebuah acara itu diselenggarakan untuk pengembang mobile di Seattle, Intel mengatakan bahwa mereka tidak lagi mendukung MeeGo, hasil kerjasama dengan Nokia, dan sebaliknya kini berfokus pada sistem operasi (OS) yang disebut TIZEN melalui kemitraan baru dengan Samsung.

Sistem operasi open source baru yang didasarkan pada Linux ini akan fokus untuk mendukung HTML5 agar lebih mampu bersaing di masa mendatang menghadapi Android dan Apple. Telmap akan menjadi bagian dari divisi layanan konsumen Intel dan mendukung Intel AppUp, sebuah toko aplikasi yang ditujukan untuk konsumen yang ingin mengunduh software untuk smartphone mereka atau perangkat lainnya. Intel sebelumnya menyatakan bahwa aplikasi yang dikembangkan untuk TIZEN akan dapat disampaikan melalui Intel AppUp developer program untuk validasi dan distribusi akhirnya akan melalui Intel AppUp center dan toko afiliasinya.

Telmap yang memiliki 210 karyawan adalah penyedia layanan pemetaan, daftar bisnis lokal dan layanan berbasis lokasi lainnya untuk aplikasi. Telmap selama ni telah bekerja sama dengan operator nirkabel di Eropa, dan memberikan dukungan untuk aplikasi seperti Orange Maps dan Vodafone Find and Go. Sekitar tujuh juta konsumen telah menggunakan layanan Telmap di seluruh dunia.

Peter Biddle, general manager dari Intel AppUp, mengatakan kepada AllThingsD.com bahwa mereka saat ini belum begitu berani untuk mengatakan bahwa mereka mencoba untuk bersaing dengan layanan navigasi raksasa seperti Google Maps atau Bing Maps. Tapi dia melihat ada beberapa ruang gerak ketika datang untuk bekerja dengan pengembang pihak ketiga.

Dalam posting di situs pengembang Intel, dia mengatakan bahwa banyak pengembang saat ini mengandalkan Google Maps untuk memberikan arah atau informasi lainnya untuk aplikasi mereka, tetapi kemudian harus menyetujui berbagai lisensi bisnis, yang bisa mengubah rencana mereka. Sebaliknya, menurut Peter Biddle, jika pengembang menggunakan pemetaan dan layanan lokasi dari Telmap, mereka akan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan konsumen, daripada mengirim data mereka ke Google atau Microsoft.

"Apa yang terjadi jika lisensi dari Bing atau Google berubah?" katanya. "Pengembang dapat memberikan pengalaman dalam aplikasi mereka tanpa seseorang masuk diantara mereka dan pengguna mereka. Kami tidak mencoba untuk masuk di antara mereka."

Dengan menyediakan layanan pemetaan, Biddle berharap untuk menarik lebih banyak pengembang untuk AppUp, yang jelas jauh di belakang Apple App Store atau Google Android Market.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar