Berbagai fitur unik di smartwatch bulat Samsung mendatang


Samsung Electronics berencana untuk merilis smartwatch terbaru berbasis sistem operasi (OS) Tizen tahun ini yang berbentuk bulat. Tidak hanya menghadirkan desain baru yang berbeda, Samsung juga akan melengkapinya dengan berbagai fitur dan pengalaman pengguna (UX) yang benar-benar berbeda dan mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Sejak pertengahan tahun 2014 kemarin, kantor paten dan merek dagang milik pemerintah Amerika Serikat (US Patent & Trademark Office) telah menerbitkan serangkaian aplikasi paten dari permohonan oleh Samsung Electronics yang secara tidak langsung mengungkap gambaran besar dari beberapa fungsi dan desain smartwatch bulat Samsung. Paten Samsung yang menunjukkan sistem wireless charging baru, 3 level gesture, cincin interaktif untuk mengontrol UI, aplikasi, mobil dan Smart Home, sistem e-commerce dan kesehatan serta masih banyak lagi.


Desain bulat yang fungsional

Desain bulat mungkin akan mengingatkan Anda pada Moto 360 atau LG G Watch R, namun smartwatch bulat Samsung tidak menjadikan bentuk yang bulat hanya sekedar variasi desain. Ditempatkannya cincin disekitar interface smartwatch yang bisa diputar merupakan unsur utama dalam menghadirkan pengelaman pengguna yang intraktif, unik dan menyenangkan.

Sebuah perangkat wearable seperti smartwatch biasanya melekat pada sebuah gelang atau band untuk menempelkan perangkat agar bisa digunakan dengan nyaman. Di sini, referensi 'band' bisa mencakup setiap alat yang cocok untuk menempelkan perangkat wearable utama, seperti misalnya band tradisional yang dapat dikenakan di lengan, pergelangan tangan, pinggang, atau kaki pengguna, seperti yang digambarkan diatas.

Dalam paten Samsung gambar no.14A yang tertera di bawah ini kita dapat melihat klip no.1415 untuk menempelkan ke sepotong pakaian, seperti yang digambarkan dengan cara misalnya dalam gambar no.14B; konfigurasi kalung atau gelang (no.1420), seperti yang digambarkan dengan cara misalnya dalam gambar no.14C; gantungan kunci (no.1425) atau konfigurasi aksesori lainnya untuk mengamankan perangkat, misalnya di saku pengguna seperti digambarkan di atas pada gambar FIG.11.


Masing-masing perwujudan mungkin termasuk kamera yang terletak pada perangkat baik itu di band atau di watch face. Gambar FIG.11 menggambarkan berbagai perwujudan untuk memakai perangkat, seperti misalnya di sekitar leher; disematkan ke pakaian (seperti, misalnya, dada seperti yang digambarkan oleh no.1110); digunakan pada sabuk seperti digambarkan dalam no.1115; pada embel-embel (seperti, misalnya lengan seperti digambarkan dalam no.1120); pada pergelangan tangan seperti yang diilustrasikan pada no.1125, atau dalam saku seperti digambarkan dalam no.1130.


Sistem Wireless Charging baru

Menurut pengajuan paten Samsung, perangkat wearable dapat mencakup satu atau lebih komponen pengisian daya untuk menjalankan perangkat. Komponen pengisian daya dapat memanfaatkan metode pengisian yang sesuai, seperti pengisian kapasitif, pengisian elektromagnetik, pengisian trickle, pengisian melalui kontak langsung dengan listrik, solar, kinetik, induktif, atau pengisian daya yang pintar (misalnya pengisian daya berdasarkan kondisi atau keadaan baterai, dan memodifikasi tindakan pengisian sesuai dengan kondisinya).

Komponen pengisian boleh berlokasi pada setiap bagian yang sesuai dari perangkat, seperti di dalam atau pada body perangkat atau di dalam atau pada band perangkat. Sebagai contoh, dalam paten Samsung gambar FIG.20A yang tertera di bawah ini kita dapat melihat charger no.2000 dengan slot no.2005 untuk menghubungkan komponen pengisian dengan pengisi. Misalnya, slot dapat menggunakan gesekan, struktur mekanik (seperti kait atau pengunci), magnet, atau teknik lain yang cocok untuk menerima dan mengamankan colokan dari komponen pengisian sehingga colokan dan pengisi bisa melakukan kontak listrik secara langsung.

Dalam paten gambar FIG.20C di bawah ini, kita dapat melihat colokan no.2015 pada band no.2010 menggunakan konektor pogo untuk membuat koneksi sirkuit antara pengisi no.2022 dan band melalui kontak no.2020. Dalam perwujudan tertentu, colokan mungkin terdapat pada charger dan slot dari gambar FIG.20A mungkin pada band atau body perangkat wearable. Pengisi daya dari gambar FIG.20A dapat dihubungkan ke sumber listrik yang sesuai (seperti misalnya kekuatan dari stop kontak arus bolak-balik (AC) atau arus searah (DC) listrik dari port USB pada perangkat komputasi) oleh koneksi kabel atau nirkabel yang sesuai. Samsung mencatat lebih lanjut bahwa pengisi daya juga dapat menjadi pengisi induktif.


Menurut Samsung, pengisi daya dapat dibuat dari berbagai bahan yang cocok, seperti akrilik, dan perwujudan tertentu mungkin memiliki bahan non-slip sebagai dukungan, seperti misalnya karet. Dalam perwujudan tertentu, pengisi daya juga dapat ditempelkan atau menempel ke permukaan, misalnya dapat melekat pada dinding seperti yang diilustrasikan pada gambar FIG.20B di atas.



3 Level Gesture

Seperti tercantum dalam paten gambar FIG.33, FIG.55 dan FIG.89, aspek-aspek tertentu dari Samsung smartwatch akan dapat dikendalikan oleh tiga jenis gerakan atau gesture: 1) Gerakan yang dibuat di depan built-in kamera; 2) Gerakan 'multitouch' yang dibuat pada permukaan kaca penutup jam tangan; dan 3) Gerakan yang dibuat oleh pergerakan gerakan tangan sederhana & gravitasi.


Paten Samsung pada gambar FIG.95B di atas menggambarkan contoh gerakan yang dibuat oleh pengguna, masing-masing gerakan rotasi yang searah jarum jam pana no.9515, gerakan rotasi yang berlawanan dengan arah jarum jam pada no.9520, gerakan gesekan atau swipe vertikal pada no.9525, dan swipe horisontal pada no.9530.


Cincin Interaktif untuk Mengontrol UI, Aplikasi, Kendaraan dan Perangkat Smart Home

Berkomunikasi dengan smartwatch generasi berikutnya ini bisa melibatkan isyarat seperti yang disebutkan di atas, sementara juga bisa bekerja dengan kontrol suara melalui S Voice dan menggunakan cincin luar yang baru dan unik seperti yang tercantum dalam rangkaian grafis di bawah ini. Cincin ini sensitif dengan sentuhan sehingga bisa berinteraksi dengan UI maupun aplikasi hanya dengan menyentuhnya di daerah tertentu.

Menurut Samsung, input yang mungkin dilakukan pada cincin termasuk menggesekkan cincin dengan satu jari, menggesekkan cincin dengan dua jari atau lebih, melakukan gerakan rotasi dengan satu jari atau lebih, atau dengan menekan cincin.

Dalam perwujudan tertentu, cincin luar mungkin dapat diputar, sehingga rotasi fisik cincin dapat menjadi salah satu input ke perangkat. Selain itu, dalam perwujudan tertentu, cincin luar dapat diklik (misalnya ditekan) atau dijepit.

Salah satu perwujudan dari cincin luar dapat dikombinasikan, agar cocok, sehingga cincin mungkin terkadang mengharuskan satu sentuhan atau lebih, diputar, bisa diklik (atau ditekan), atau dijepit. Masukan dari modalitas yang berbeda dari cincin luar (misalnya sentuhan, rotasi, mengklik atau menekan, atau dijepit) dapat diinterpretasikan secara berbeda, tergantung pada misalnya kombinasi modalitas input yang diberikan oleh pengguna.

Sebagai contoh, sebuah gerakan rotasi pada cincin luar mungkin menunjukkan input yang berbeda dari rotasi yang dikombinasikan dengan mengklik atau menekan cincin. Selain itu, umpan balik atau feedback dapat diberikan kepada pengguna ketika pengguna memberikan masukan melalui cincin luar, termasuk haptic feedback, audio feedback, atau visual feedback, yang akan dijelaskan di sini.

Dalam perwujudan tertentu, graphical user interface (GUI) dari perangkat dapat beroperasi sesuai dengan model interaksi dan transisi. Model ini dapat, misalnya, menentukan bagaimana mode yang tersedia untuk interaksi dengan pengguna, termasuk untuk aplikasi, fungsi, sub-mode, konfirmasi, konten, kontrol, ikon aktif, tindakan, atau fitur atau elemen lainnya yang bisa terorganisir (misalnya dalam hirarki) dalam GUI perangkat.

Di bawah ini adalah beberapa contoh tentang bagaimana cincin bisa berinteraksi dengan interface dan aplikasi pada perangkat.


Seperti tercantum dalam paten Samsung gambar FIG.136 di atas yang menggambarkan contoh bagaimana mengontrol perangkat TV menggantikan fungsi remote control untuk televisi, mengganti channel TV seperti pada no.13620, menampilkan tayangan TV saat ini seperti no.13630, dan mengontrol fungsi volume seperti no.13640.

Di segmen lain dari aplikasi paten Samsung bahwa mereka menyatakan adanya aplikasi energi dimana smartwatch secara otomatis dapat menampilkan informasi mengenai konsumsi energi atau listrik dari ruangan atau lokasi lain di mana pengguna berada bersama dengan termostat rumah dalam lingkungan Smart Home. Perangkat ini juga dapat menampilkan informasi tentang konsumsi energi perangkat pasangan lain dan memperbarui semua informasi ini secara dinamis ketika pengguna mengubah lokasi.

Dalam contoh aplikasi kontrol Smart Home, pengguna dapat memilih dan langsung mengontrol perangkat yang dipasangkan atau di-pairing, misalnya dengan melalui gerakan (gesture) pada perangkat atau melalui rotasi pada cincin luar.

Pengguna dapat menggunakan gerakan untuk mengontrol fungsi berbagi (sharing) atau transfer konten ke atau dari smartwatch lainnya misalnya mentransfer video yang dimainkan pada perangkat ke televisi yang di-pairing. Selain itu, informasi tambahan (misalnya sub judul film) dapat ditampilkan pada smartwatch untuk konten yang ditampilkan pada perangkat yang lain yang lebih besar (misalnya layar televisi yang menayangkan film).

Smartwatch ini juga dapat berfungsi sebagai kunci untuk membuka atau menyalakan satu kendaraan atau lebih. Pengguna dapat, misalnya, memasukkan kode dengan menggunakan cincin luar untuk membuka atau menyalakan kendaraan menggunakan teknologi NFC. Dalam perwujudan tertentu, baik informasi biometrik pengguna dan kode dimasukkan oleh pengguna yang mungkin diperlukan untuk membuka mobil, memungkinkan untuk meningkatkan keamanan untuk aplikasi berbasis mobil buat smartwatch.

Selain itu, smartwatch ini mungkin termasuk profil untuk satu pengguna atau lebih, masing-masing profil berisi pengaturan kendaraan (misalnya suhu atau posisi duduk). Sebagai contoh lain, informasi biometrik dari pengguna tertentu dapat digunakan tidak hanya untuk membuka kunci smartwatch, tetapi juga untuk menentukan profil pengguna untuk dimuat selama operasional mobil dengan smartwatch. Smartwatch ini juga dapat digunakan untuk mengoperasionalkan navigasi GPS baik secara langsung pada perangkat atau bila dipasangkan dengan smartphone.



Cincin Interaktif untuk Menampilkan Jadwal buat Pengguna

Dalam paten Samsung gambar FIG.6A kita dapat melihat cincin luar baru telah dirancang menampilkan total waktu dari waktu referensi no.610a, misalnya, dengan satu item jadwal atau lebih selama enam jam dalam bentuk area sektor no.612, no.614 dan no.616.


Paten Samsung pada gambar FIG.6B memperlihatkan perwujudan dari inovasi ini di mana area sektor no.612 memiliki busur panjang sesuai dengan bagian waktu dari 09:30 yang merupakan waktu mulai hingga 12:30 yang merupakan waktu akhir dari jadwal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Dalam hal ini, area sektor no.612 mungkin termasuk progress bar yang ditunjukkan pada no.612a untuk proses kemajuan item jadwal yang telah disesuaikan, dan tampilan progress bar menampilkan waktu saat ini dari antara seluruh bagian waktu yang disesuaikan untuk item terjadwal.

Paten Samsung pada gambar FIG.12 yang tertera di bawah ini menggambarkan cara mengubah modus tampilan data untuk jadwal di smartwatch. Ketika pengguna menyentuh atau mengklik area tengah layar smartwatchu, jam tangan ini akan mengubah modus tampilan ke modus tampilan sehari-hari. Daerah pusat dapat didefinisikan sebagai daerah termasuk titik tengah tampilan layar dari jam tangan. Dalam modus tampilan sehari-hari, area sektor no.1212, no.1214, no.1216, no.1218 dan no.1220 sesuai dengan item jadwal untuk periode dua belas jam.


Paten Samsung pada gambar FIG.13 yang tertera di bawah ini menggambarkan cara mengubah total tampilan waktu data dari item jadwal di jam tangan. Ketika pengguna menekan dan menahannya di tengah layar smartwatch, jam tangan akan menampilkan jendela menu seperti no.1320 untuk mengubah total waktu tampilan di layar.


Sebagai contoh, jendela menu no.1320 dapat ditampilkan pada tampilan dial dalam bentuk jendela popup. Jendela menu meliputi sejumlah item menu no.1322, no.1324, no.1326 dan no.1328 yang menunjukkan tampilan total waktu yang bisa diubah, misalnya, tiga jam, empat jam, dan dua belas jam.


Fungsi E-Commerce dan Kesehatan

Untuk fungsi komersial, smartwatch secara otomatis akan mengidentifikasi produk (misalnya menggunakan RFID, NFC, barcode recognition, atau pengenalan obyek) ketika pengguna mengambil produk dan dapat memberikan informasi tentang produk (misalnya informasi gizi, informasi sumber, atau ulasan) atau opsi untuk membeli produk.

Paten Samsung pada gambar FIGS. 129A-D menggambarkan contoh penggunaan barcode recognition. Perangkat dapat menunjuk item (no.129a), mengenali item (no.129B), menampilkan informasi tambahan yang diperoleh dari internet tentang item (no.129C), dan menampilkan interface untuk membeli item (no.129D).


Selama pembayaran, informasi pengguna akan diotentikasi oleh perangkat, yang dapat mendeteksi informasi biometrik pengguna (misalnya struktur tulang atau skin signature). Smartwatch mungkin juga secara otomatis memberikan indikasi kepada pengguna (misalnya getaran) ketika pengguna berada di dekat produk dalam daftar belanja nya (misalnya yang sudah disimpan sebelumnya dalam perangkat) atau daftar lain (misalnya daftar keinginan teman pengguna).

Untuk fungsi kesehatan, smartwatch secara otomatis bisa menentukan konteks kesehatan (misalnya jika pengguna berolahraga atau tidur). Ketika menentukan konteks ini, perangkat mungkin membuka aplikasi yang sesuai dengan konteks kesehatan (misalnya untuk merekam denyut jantung selama latihan, gerakan selama latihan, durasi latihan, pulse oximetry selama latihan, pola tidur, durasi tidur, atau respon kulit galvanik).

Seperti disebutkan di atas dalam paten gambar FIGS. 131A-D, kita dapat melihat contoh perangkat yang beroperasi di berbagai mode augmented reality termasuk mode pengenalan barcode (no.131A), modus pengenalan gambar (no.131B), mode OCR dan translate (no.131C), dan mode pengenalan obyek (no.131D).

Menariknya, smartwatch ini juga dapat membantu dalam aplikasi yang berhubungan dengan olahraga, seperti misalnya secara otomatis akan menilai ayunan golf pengguna dan menyarankan koreksi perbaikan.


Sekilas Sistem Kerja dari Smartwatch



Comments