Symphony Teleca: Dengan TIZEN, Samsung bisa menghemat pengeluaran miliaran dollar


Saat Mobile World Congress (MWC) 2014 bulan depan di Barcelona, kita akan melihat pengumuman besar pertama dari perusahaan-perusahaan pendukung sistem operasi (OS) TIZEN. Buat Symphony Teleca, perusahaan pengembangan inovasi dan layanan global untuk solusi software, perangkat mobile dan terhubung yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat, ini akan menjadi kesimpulan dari hampir dua tahun upaya untuk menggoyang ekosistem mobile dengan penantang nyata yang pertama untuk Android.

"Symphony Teleca telah terlibat dalam ruang tertanam untuk bagian terbaiknya daalam 12 tahun terakhir. Selama waktu ini kita terlibat dengan Samsung dan LG di sekitar pengembangan LiMo [pendahulu TIZEN]. Pada saat yang sama kita juga menjadi mitra terbesar Nokia dengan Maemo [pendahulu MeeGo setelah digabung dengan Moblin dari Intel]. Semua platform yang berbeda ini akhirnya berkumpul di TIZEN. Kami berakhir di posisi yang cukup unik dan sejauh ini kami memiliki banyak insinyur yang telah hidup dengan evolusi platform selama beberapa tahun," kata Andrew Till, wakil presiden senior dan kepala divisi mobile dari Symphony Teleca kepada VR-Zone. "Sekitar setahun setengah yang lalu kami mulai mengambil rilis awal TIZEN SDK yang telah keluar dan kembali ke Intel dan Samsung dan berbicara dengan mereka tentang kesenjangan apa yang kita lihat sebagai sesuatu yang hilang di platform atau apa yang kita lihat sebagai masalah dengan hal-hal seperti API dan kode referensi."

Bekerja dengan anggota Tizen Association dan bergabung dalam Parner Program - sebuah program kemitraan yang bertujuan untuk memperluas dukungan dari Platform TIZEN dalam satu set produsen perangkat terhubung (connected device), operator, pengembang aplikasi dan vendor software independen (ISV) yang lebih beragam - menjadikan Symphony Teleca bisa berpartisipasi dalam pertemuan Tizen Association, memberi mereka lebih banyak wawasan dan masukan yang potensial dalam pengembangan OS TIZEN.

Menurut Andrew Till, Samsung adalah perusahaan yang paling berkepentingan dengan masa depan TIZEN karena platform ini bisa menghemat pengeluaran mereka untuk pengembangan produk mereka. Sebagai perusahaan elektronik konsumen yang memproduksi segala macam peralatan hiburan, komputasi dan rumah tangga, sebuah platform yang terpadu bisa mempercepat inovasi pengembangan hardware dan software secara bersamaan.

"Ada dua cara untuk melihat TIZEN. Untuk Samsung, jika Anda melihat di seluruh jangkauan bisnis mereka dan melihat jumlah platform OS yang mereka gunakan untuk solusi embedded - TV, set top box, peralatan rumah tangga - mereka menghabiskan banyak sumber daya pada aset software yang tidak kompatibel. Dan bagi mereka, pertama dan terutama, jika mereka dapat menyelaraskan empat atau lima dari lini produk mereka ke aset software umum, dan memiliki sumber alami yang bisa digunakan kembali antara lini produknya, mereka akan menghemat sejumlah besar uang. Menyimpan lebih dari satu miliar dolar dalam biaya software dengan berpindah ke platform umum," jelas Andrew Till.

TIZEN bisa mengambil alih separuh dari pangsa pasar Android, terutama di negara-negara Asia dan Eropa Timur. Karena di wilayah ini, banyak perusahaan yang sebenarnya hanya memanfaatkan Android karena itu open source dan menambahkan lapisan layanan mereka sendiri diatasnya. Mereka tentunya sangat tidak suka jika dipaksa untuk menggunakan layanan Google karena itu sama saja dengan membunuh bisnis mereka.

"Saya berpikir bahwa kisah nyata yang terjadi di pasar adalah situasi yang berbeda antara timur vs barat. Di sebelah barat Anda punya [Google] Android, dan di timur Anda punya Android Open Source Project [AOSP, versi yang benar-benar open-source dari Android] ditambah lapisan layanan proprietary," kata Andrew Till.

"Aku duduk di sini di CES, dan sangat tertarik memperhatikan sejumlah orang yang membawa tas Alibaba. Rata-rata orang di Amerika Serikat tidak akan menyadari bahwa Alibaba, besarnya tiga kali dari gabungan eBay dan Amazon, dan memegang rekor dunia untuk transaksi online dalam satu hari. Atau Anda punya Tencent, atau Baidu...perusahaan-perusahaan ini sangat besar," Andrew Till menjelaskan. "Kemudian Anda pergi ke China dan menyadari kalau pasar mereka bukanlah Android, itu AOSP ditambah satu dari perusahaan-perusahaan lainnya yang menyediakan lapisan layanan. Satu-satunya pemain di sini yang berasal dari Amerika Serikat berikut strateginya adalah Amazon [dengan Kindle Fire yang notabene juga tidak menggunakan Android versi Google] dan yang cukup menarik adalah bahwa ini menunjukkan prusahaan-perusahaan di Asia tentang cara lain untuk bermain game."

"Jika Anda memecahnya seperti itu, hal menariknya yang saya lihat adalah bahwa sesunggunga Google tidak mendominasi dunia melainkan semakin pentingnya lapisan layanan. Lalu aku berpikir dan melihat bahwa salah satu keunggulan kompetitif terbaik dari TIZEN adalah bahwa mereka tidak datang dengan semua layanan yang bermerek. Anda tidak harus tetap meninggalkan segalanya untuk berintegrasi kembali ke dalam solusi yang berbeda atau mencari cara untuk mengambil semua titik sentuh di mana Google mengisap semua data tentang perilaku pengguna," kata Andrew Till.

Untuk tahun 2014 ini, Andrew Till memprediksi TIZEN bisa berkembang di Asia dan Eropa Timur, namun masih belum terlalu banyak aktivitas di Amerika Utara dan Eropa Barat.


Via VR-Zone

Comments