Linux Foundation: TIZEN hadir untuk memperjuangkan keterbukaan pada OS mobile

Brian Warner saat membuka TDC 2013

Menurut Linux Foundation, Linux adalah kuda (meskipun memiliki simbol penguin) yang dibatasi untuk menawarkan kepada produsen dan konsumen sebuah alternatif dalam perlombaan dua kuda terdepan antara sistem operasi (OS) Windows dan Macintosh. Begitu juga dengan TIZEN yang dipimpin oleh konsorsium proyek open source lainnya, yang juga hadir untuk melakukan hal yang sama dalam ruang mobile.

TIZEN merupakan sistem operasi open source berbasis standar yang dirancang untuk berbagai perangkat. Platform ini didasarkan pada keterbukaan yang sama seperti OS Linux, yang telah mendapatkan tempat di beberapa tahun terakhir sebagai salah satu sistem operasi pilihan untuk smartphone.

"Dalam ruang perangkat mobile yang sangat kompetitif, TIZEN menonjol karena kemampuannya yang unik untuk menciptakan dan menumbuhkan sistem operasi mobile baru, terbuka dan fleksibel yang memungkinkan pengembang untuk menulis sekali/berjalan di banyak perangkat. Akibatnya, TIZEN memberikan nafas udara segar ke pasar mobile dengan memungkinkan inovasi baik dari pemimpin industri dan penggemar individu," kata Brian Warner, senior member services manager di Linux Foundation.

Walaupun saat ini masih berfokus pada perangkat mobile, namun sebenarnya TIZEN bertujuan untuk menawarkan pengalaman terpadu yang kuat di beberapa perangkat: smartphone, tablet, smart TV, PC dan di sistem 'infotainment' dalam kendaraan.

TIZEN tidak didasarkan pada teknologi proprietary seperti OS lainnya, tetapi lebih pada koleksi yang luas dari berbagai proyek open source, termasuk Linux. Aplikasi dapat ditulis baik dengan menggunakan spesifikasi standar industri yang terbuka seperti HTML5 dan JavaScript, atau menggunakan toolkit TIZEN native.

Platform lain telah membuang teknologi tersebut untuk prioritas spesifik web kelas dua dalam beberapa kasus, namun TIZEN telah merangkul banyak manfaat dari adopsi teknologi web cross-platform untuk memberdayakan kreator game. Engine pengembangan game dan SDK populer, termasuk Unity, Havok dan Marmalade, sudah mengadaptasi editor mereka untuk TIZEN framework.

Warner mengatakan: "Dengan warisan open source dan standar, salah satu tujuan utama TIZEN adalah untuk menggantikan lanskap yang rumit dari solusi platform terintegrasi secara vertikal dengan konsorsium terbuka dan transparan."


Perangkat komersial pertama TIZEN belum tersedia, sehingga saat ini belum ada contoh publik untuk game yang dibangun untuk TIZEN di luar yang telah dipresentasikan pada Tizen Developer Conference.

Namun, produsen hardware utama sudah membuat langkah untuk mengubah itu.

Raksasa teknologi Samsung dan Intel baru-baru ini meluncurkan Tizen App Challenge, yang menawarkan hadiah lebih dari $4 juta dalam bentuk uang tunai bagi pengembang untuk membuat game dengan TiZEN atau memporting sebuah aplikasi untuk OS open source ini. Hal ini mengundang banyak pengembang untuk menyerahkan segala macam game dari berbagai judul aksi dan RPG hingga yang bertema olahraga dan puzzle.

"Kontes ini menghasilkan kesadaran utama terhadap TIZEN, sementara juga menarik aplikasi dari berbagai pengembang," jelas Warner. "Hack-a-thon industri, devlabs dan konferensi pengembang Samsung untuk pertama kalinya di bulan Oktober ini, juga memberikan dorongan untuk pengembangan Tizen," jelas Warner.

Versi terbaru TIZEN 2.2, berisi beberapa perubahan di UI, termasuk tombol hardware untuk back dan menu menggantikan tombol software, Access Control yang lebih halus untuk API privileges yang didukung oleh Smack dan IDE dan live editing/previews untuk file CSS dan HTML5. Ini tersedia untuk diunduh sekarang di developer.tizen.org.

Membuat pengembang untuk mencoba lingkungan pengembangan baru bisa menjadi suatu tantangan, dan proses mendapatkan pengembang untuk merangkul TIZEN tampaknya menjadi telah berlangsung secara bertahap.

Tapi ada keuntungan besar dalam memprioritaskan kerangka pengembangan dan ekosistem HTML5, dan Warner melihat TIZEN sebagai platform untuk membuka lebih banyak pilihan bagi komunitas pengembangan game.

Dia menyimpulkan: "Pada Linux Foundation kita benar-benar percaya pada kekuatan pilihan. Sederhananya, pilihan mengarah ke kompetisi, persaingan mengarah pada inovasi, dan inovasi pada tingkat industri menguntungkan pengguna. Kami benar-benar percaya pada Proyek TIZEN, dan berpikir bahwa ia memiliki kemampuan untuk memberikan sesuatu yang unik baik untuk pengembang aplikasi dan konsumen mobile."

Comments