Sekilas cara penjelajahan aplikasi pada TIZEN UX


Sistem penjelajahan di TIZEN User Experience (UX) mengikuti prinsip bahwa layar perangkat harus bergerak dan berubah sesuai dengan perubahan dalam tiap aplikasi yang dijalankan. Sistem penjelajahan ini dibuat konsisten dan intuitif sehingga pengguna dapat dengan jelas dan mudah untuk memahami tiap layar dari aplikasi yang mereka gunakan saat ini, dan seberapa dalam mereka telah menjelajahi aplikasi ini. Tim pengembang software TIZEN sangat memahami bahwa cara penjelajahan oleh pengguna adalah faktor paling penting yang mempengaruhi keseluruhan kegunaan dari setiap aplikasi di TIZEN.


Tombol Back dan Cancel

Aplikasi di TIZEN akan selalu memberitahukan pengguna tentang di layar mana mereka berada saat ini dan fungsi mana yang telah mereka gunakan untuk menampilkan judul yang bersangkutan di header. Tampilan judul yang benar dalam tiap layar aplikasi akan bisa menghindarkan pengguna untuk tersesat.

Judul layar di header

Ketika bergerak dari satu layar ke layar yang lain untuk melakukan suatu tugas pada aplikasi, pengguna menyentuh elemen yang berlaku pada layar saat ini (misalnya, suatu daftar dan pop-up). Ketika mereka ingin kembali ke layar sebelumnya, mereka bisa menekan tombol Back atau Cancel. Posisi default untuk tombol Back ada di sisi kanan bawah layar.

Tiap aplikasi di TIZEN akan menampilkan tombol Back atau Cancel pada setiap layar sehingga pengguna dapat membatalkan fungsi atau kembali ke layar sebelumnya. Lihat gambar di bawah untuk salah satu jalur penjelajahan yang paling umum.

Penjelajahan menggunakan tombol Back

Gambar di bawah ini menunjukkan jalur penjelajahan dari layar file manager ke folder images. Ketika pengguna menyentuh sebuah folder, nama folder muncul di header. Pengguna dapat menekan tombol Back untuk kembali ke layar sebelumnya.

Penjelajahan di antara folder

Pengguna bisa menggunakan fitur Cancel dalam situasi ketika perlu membuka layar baru untuk suatu tugas tertentu atau ingin membatalkan tugas setelah membuka layar untuk memasukkan data.


Tombol Home

Tombol ini ada pada setiap titik dalam penjelajahan pengguna melalui aplikasi, dan dengan memilihnya akan mengembalikan pengguna ke Home Screen. Menekan tombol Home juga akan selalu mengirimkan aplikasi yang berjalan ke background dan secara otomatis membawa Home Screen ke latar depan.

Untuk kembali ke aplikasi yang diinginkan, pengguna harus menekan ikon aplikasi pada Home Screen atau melalui task switcher (untuk fungsi multi-tasking). Pengguna bisa mengakses task switcher dengan menekan dan menahan tombol Home.

Penjelajahan ke Home Screen


Notification tray

Jika pengguna membuka aplikasi dari Notification tray (atau dari jendela pop-up), menekan tombol Back akan mengembalikannya ke layar yang sebelumnya aktif. Jika tidak ada aplikasi yang sedang aktif, maka akan muncul Home Screen.

Penjelajahan dengan Notification tray


Penjelajahan dalam aplikasi

Pengguna dapat beralih layar secara cepat dengan menggunakan komponen tab dan segmen UI. Menyentuh salah satu komponen ini akan mengubah tampilan bukannya menggerakkan pengguna diantara layar. Oleh karena itu, menekan tombol Back bukanlah jalur penjelajahan yang tepat untuk kembali ke tab atau segmen sebelumnya.

Gunakan tab jika ingin mengubah layar dengan cepat, misalnya pada layar yang berbeda (seperti dialer, call log, atau favorites list) ketika menjalankan aplikasi panggilan atau mengurutkan elemen yang ditampilkan di layar aplikasi musik (seperti lagu, playlist, album, atau artis).

Tab yang digunakan pada aplikasi panggilan dan musik

Memilih tombol Back akan mengembalikan pengguna ke kedalaman aplikasi sebelumnya, bukan tab atau segmen sebelumnya. Misalnya, pada gambar di bawah ini, jika pengguna meluncurkan aplikasi dengan menekan ikon di Home Screen, kemudian bergerak diantara segmen (lihat layar 1 dan 2), menekan tombol Back akan membawa pengguna kembali ke Home Screen.

Kontrol aliran segmen


Penjelajahan diantara aplikasi

Ketika satu aplikasi membawa aplikasi lainnya ke layar depan, pengguna bisa kembali ke aplikasi sebelumnya dengan menyelesaikan tugas pada aplikasi saat ini atau menekan tombol Back atau Cancel. Sebagai contoh, ketika pengguna mengaktifkan aplikasi email menggunakan fungsi “Share via email” dalam aplikasi lain, menekan tombol Back akan membawa pengguna kembali ke aplikasi asli.

Penjelajahan diantara aplikasi



Via Tizen.org

Comments